Gelar Pilkades Serentak, Pemkab Purwakarta Siapkan Rp7,9 Miliar

PURWAKARTA – Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran Rp7,9 miliar, untuk menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 2020.

Tercatat Pilkades akan digelar di 83 desa, yang tersebar di 17 kecamatan. “Persiapannya sudah mulai dilakukan, seperti pembentukan panitia di tingkat kabupaten hingga tingkat desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Purwakarta, Panda Dinata, Senin (4/11/2019).

Meski sudah dipastikan pilkades serentak akan di 2020 mendatang. Namun, untuk tanggal dan bulan pelaksanaan belum ditentukan. “Untuk waktu pelaksanaannya akan ditentukan melalui Surat Instruksi Bupati Purwakarta. Kalau pihak legislatif sudah sepakat pilkades serentak digelar tahun depan,” tandasnya.

Mengenai anggaran, sudah dialokasikan di APBD 2019. Dan telah diatur skema pencairan anggaran tersebut. Anggaran tidak akan disalurkan melalui dinas. Panitia pilkades mencairkan melalui pemerintah desa, yang terkoneksi secara sistem keuangan dengan Pemkab Purwakarta. “Jadi tidak melalui kami sebagai dinas, itu langsung dari pemkab ke panitia melalui pemerintah desa,” jelasnya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Purwakarta mencatat, pilkades di 83 desa tersebut memiliki daftar pemilih sebanyak 299.125 orang. (Ant)

AnggaranAPBDJabarpilkadesPurwakarta
Comments (0)
Add Comment