HPI Diminta Promosikan Pariwisata Arfak

MANOKWARI – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) diminta membantu pemerintah daerah mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Saat ini HPI sudah terbentuk di Kabupaten Pegunungan Arfak. “HPI sebagai wadah himpunan pemandu wisata yang telah terbentuk di pegunungan Arfak diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata daerah demi kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroi, Selasa (12/11/2019).

Yosias menyebut, pemerintah daerah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di pegunungan Arfak. Utamanya di kawasan destinasi wisata. Hal itu diharapkan dapat mendukung peningkatan kunjungan wisatawan. Upaya peningkatan juga dilakukan untuk fasilitas bandara Anggi Pegunungan Arfak. Harapannya, bandara tersebut dapat digunakan untuk melayani pesawat sejenis ATR. Sehingga bisa mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan bandara mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat sebagaimana yang diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo saat kunjungannya di Pegunungan Arfak Oktober 2019,” terangnya.

Kehadiran HPI disebutnya, sangat membantu pemerintah daerah untuk memperkenalkan potensi daerah ke dunia luar. Dan untuk mendukung semuanya, masyarakat setempat tidak boleh lagi hanya menjadi penonton. Masyarakat harus terlibat aktif melayani wisatawan yang berkunjung.

Ketua HPI Provinsi Papua Barat, Matias Rumbruren mengatakan, HPI Kabupaten Pegunungan Arfak menjadi ujung tombak bagi pariwisata setempat. Oleh karenanya,  pengurus DPC HPI Kabupaten Pegunungan Arfak dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. (Ant)

HPIPapuapegunungan arfakwisata
Comments (0)
Add Comment