Menjelang 1 Desember, Pemprov Mengimbau Masyarakat Papua Tidak Terprovokasi

JAYAPURA – Pemprov Papua mengimbau, masyarakat di wilayahnya tidak terprovokasi dengan isu-isu yang sengaja dimainkan oleh pihak-pihak tertentu, menjelang 1 Desember 2019.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen, mengatakan, masyarakat juga diminta tidak terpengaruh. Khususnya dengan pengalaman pahit yang belum lama ini dialami, seperti persoalan rasis yang beralih kepada tindakan anarkis. “Selain itu juga, isu separatis yang tidak terlepas dengan permainan provokator agar bagaimana membuat gesekan horizontal dan vertikal,” kata Hery, Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, hal inilah yang harus dilihat secara arif oleh komponen masyarakat, jangan sampai akhirnya terprovokasi dengan oknum-oknum yang mempunyai kepentingan tertentu. “Di mana oknum dengan kepentingan tertentu ini hendak membuat situasi di Tanah Papua tidak nyaman,” tandasnya.

Di 1 Desember, biasanya masyarakat di Papua menggelar ibadah di gereja-gereja. Semua umat beragama akan berkumpul untuk ikut beribadah. Sebelumnya, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol M. Iqbal, memastikan ada dialog dengan masyarakat terkait upaya pengamanan. Hal itu untuk mengantisipasi menjelang peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka pada 1 Desember. Polri menyebut tidak mengadakan pengamanan khusus di Papua. (Ant)

1 desemberOPMPapua
Comments (0)
Add Comment