Ratusan Calon Kades di Landak, Ikuti Deklarasi Damai Pilkades Serentak

PONTIANAK – Polres Landak mengundang 300 calon Kepala Desa yang akan mengikuti Pilkades serentak di Kabupaten Landak. Para calon kades diajak bersama-sama mendeklarasikan Pilkades serentak damai.

“Sebanyak 300 calon kades ini berasal dari 50 desa yang pada delapan kecamatan di Landak (Kecamatan Ngabang, Jelimpo, Sengah Temila, Mandor, Sebangki, Menjalin, Menyuke, dan Mempawah Hulu) yang akan mengikuti pilkades serentak,” kata Kapolres Landak, AKBP Ade Kuncoro, Selasa (12/11/2019).

Untuk pilkades di Kecamatan Ngabang sebanyak 14 desa. Di Kecamatan Mempawah Hulu sebanyak lima desa, Kecamatan Menjalin sebanyak tiga desa, Kecamatan Mandor sebanyak empat desa, Kecamatan Menyuke sebanyak satu desa, Kecamatan Sengah Temila sebanyak 10 desa, Kecamatan Sebangki sebanyak dua desa, Kecamatan Jelimpo sebanyak 11 desa.

Para calon kepala desa diminta untuk selalu berkomitmen dan bersinergi, sesuai dengan Undang-Undang No.2/2002, yaitu menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif dan penegakan hukum. “Kami minta kepada kita semua untuk berkomitmen dan bersinergi dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika,” tuturnya.

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, mengatakan, tahapan Pilkades Serentak tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. “Tahapan pemilihan Kepala Desa secara serentak di Kabupaten Landak sudah berlangsung dan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, dikarenakan adanya deklarasi damai. Oleh karena itu, melalui kegiatan Deklarasi Damai Focus Group Discussion (FGD) dan upaya-upaya yang kita lakukan pada hari ini kegiatan Pilkades dapat berlangsung dengan aman dan lancar,” katanya.

Karolin juga meminta, calon Kepala Desa terpilih nantinya agar selalu mengutamakan komitmen, dalam mengupayakan kenyamanan di wilayahnya masing-masing. “Kita akan melakukan Pilkada kurang lebih 50 desa se-Kabupaten Landak. Saya beserta para forkopimda berharap agar komitmen Bapak dan Ibu untuk menjadi calon pimpinan di desa dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing,” tegas Karolin. (Ant)

kabupaten landakKalbarpilkades
Comments (0)
Add Comment