Tahapan Pilkades di Mukomuko Serentak Dimulai Mei 2020

MUKOMUKO – Tahapan pemilihan kepala desa serentak di 47 desa di Mukomuko, Bengkulu akan dimulai April hingga Mei 2020.

“Rencana pencoblosan pada Oktober atau November 2020, atau setelah pemilihan kepala daerah (pilkada),” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Gianto, Minggu (10/11/2019).

Gianto menyebut, tahun ini DPMD menyosialisasikan pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 kepada masyarakat. Termasuk kepada perangkat desa yang akan menggelar pilkades serentak di tahun depan. Hal itu untuk mematangkan persiapan pelaksanaan pilkades serentak. Perangkat desa harus tahu apa saja yang disiapkan, seperti Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hingga penerimaan pendaftaran calon kepala desa.

Selain itu, instansinya telah mengusulkan anggaran untuk pilkades serentak di 47 desa sebesar Rp800 juta. Dari anggaran sebesar itu, sebagiannya untuk operasional panitia penyelenggara pilkades di tingkat desa. Dari anggaran sebesar itu, pemerintah daerah berencana memberikan bantuan dana operasional untuk panitia penyelenggara pilkades tingkat desa berkisar Rp9 juta hingga 10 juta per desa. Anggaran tersebut untuk operasional panitia penyelenggara pilkades, baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan. Dana itu juga untuk berbagai kegiatan menjelang dan setelah pilkades serentak. (Ant)

Bengkulumukomukopilkades
Comments (0)
Add Comment