Tongseng Khas Solo di Bekasi, Langganan PNS

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Tongseng khas Solo, paduan santan di dalamnya memberikan cita rasa yang gurih dan lezat. Pecinta kudapan berkuah tersebut tentunya tak perlu jauh-jauh ke Solo untuk menikmatinya.

Tongseng khas Solo “Pak Min”, memiliki berbagai lokasi di Kota Bekasi Jawa Barat, salah satunya di Jalan Lapang Bekasi Tengah, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat tepat di depan kantor Dinas Pendidikan setempat.

“Tongseng Khas Solo Pak Min cirinya memasak masih menggunakan bara api dari batok. Sehingga akan menambah kelezatan dibanding dengan kompor biasa,” ujar Ibu Mimin saat menyajikan tongseng kepada pelanggannya, Sabtu (23/11/2019).

Ibu Mimin, pengolah Tongseng Khas Solo di warung depan Disdik Kota Bekasi, saat ditemui, Sabtu (23/11/2019) – Foto: Muhammad Amin

Tongseng kambing khas Solo adalah sajian makanan dengan rasa yang menyerupai bumbu gulai. Bercita rasa manis dan gurih berkat perpaduan bumbu ketumbar, jintan, pala, serai serta kecap manis.

Namun demikian Ibu Mimin mengatakan, untuk isian di warung tongseng khas Solo di Bekasi, pelanggan bisa memilih apakah isiannya daging ayam atau kambing. Karena ada juga yang tidak doyan daging kambing maka bisa diganti dengan daging ayam.

Tongseng biasa disantap dengan nasi hangat. Untuk tingkat kepedasannya pelanggan bisa memesan sedang atau pedas. Karena dagingnya lebih dulu ditumis menggunakan sedikit minyak, bawang putih, bawang merah dan cabai. Dagingnya pun sebelumnya direndam dalam bumbu rempah sebelum ditumis.

“Tongseng khas Solo dicampur dengan kol dan tomat. Sehingga bisa menambah rasa,” ujarnya.

Selain tongseng, warung khas Solo tersebut juga menjual berbagai kuliner khas seperti sate khas Solo, gulai dan sop. Tongseng beda dengan gulai meskipun menggunakan bahan yang sama berkuah santan.

“Apalagi sop jelas beda, karena sop kuah bening. Tapi kebanyakan pelanggan yang ke sini makan tongseng,” ujarnya sembari mengatakan PNS Disdik Kota Bekasi sudah menjadi langganan tetapnya.

Tongseng khas Solo “Pak Min” sudah puluhan tahun berjualan di depan kantor Disdik Kota Bekasi. Selain di Jalan Lapang Tengah, Tongseng Pak Min banyak cabang seperti di Jalan Kartini dan lainnya.

“Yang sudah pernah mencicipi tongseng khas Solo Pak Min mereka sudah tahu rasanya. Pasti balik lagi. Di sini buka mulai pukul 10.00 WIB sampai malam,” ujarnya.

JabarPNSsatetongseng
Comments (0)
Add Comment