BMKG Mulai Pasang Seismograf di Mukomuko

MUKOMUKO – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mulai memasang seismograf yang mampu mendeteksi getaran gempa bumi di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

“Saat ini, BMKG sedang memasang sensor seismograf, kemungkinan selesai dalam tahun ini,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Syahrizal, didampingi Supervisor Pusdalop BPBD Hitatun, A Razak, di Mukomuko, Minggu (8/12/2019).

Bupati setempat sebelumnya menyampaikan surat permohonan lahan untuk pemasangan sensor seismograp di lahan hak guna usaha (HGU) milik PT Agro Muko di Kecamatan Teramang Jaya, kepada Manajer PT Agro Mukomuko, namun tidak ada tanggapan.

Selanjutnya pihak BMKG berkoordinasi dengan pimpinan PT Agro Muko dan akhirnya mendapatkan persetujuan memasang sensor seismograf di lahan tersebut.

“BPBD sebelumnya menyampaikan surat permohonan lahan untuk pemasangan sensor seismograf di lahan HGU milik perusahaan itu, tetapi tidak ada balasan, kemungkinan setelah itu pihak BMKG menyampaikan permohonan langsung,” ujarnya.

Ia menyatakan, pemerintah setempat sangat mendukung pemasangan alat sensor untuk mendeteksi gempa itu.

Ia menyebutkan, realisasi pemasangan sensor seismograf di lahan hak guna usaha milik PT Agro Muko di Kecamatan Teramang Jaya, saat ini sudah mencapai sekitar 70 persen. Ia berharap, pengerjaan pemasangan sensor seismograf di daerah ini selesai dalam tahun ini. (Ant)

BengkuluGempamukomukoSeismograf
Comments (0)
Add Comment