Kelompok Tani di Mukomuko Dapat Bantuan Mesin Pencacah Sawit

MUKOMUKO – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mulai membagikan bantuan berupa mesin pencacah pelepah sawit menjadi pakan ternak kepada kelompok tani yang tersebar di beberapa wilayah di daerah ini.

“Baru dua kelompok tani yakni satu kelompok dari Kecamatan Air Dikit dan satu kelompok tani dari Kecamatan Kota Mukomuko yang menerima pembagian bantuan itu, masih ada satu kelompok tani lagi dari Kecamatan Kota Mukomuko yang belum datang untuk menerima pembagian bantuan tersebut,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman, dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian setempat tahun 2019 ini mendapatkan alokasi dana dari APBD Perubahan sebesar Rp130 juta untuk membeli sebanyak tiga unit mesin pencacah pelepah tanaman kelapa sawit menjadi pakan hewan ternak.

Sebanyak tiga kelompok tani di daerah ini yang mendapatkan bantuan mesin pencacah sawit dari pemerintah setempat, yakni satu kelompok tani dari Desa Air Dikit, satu kelompok tani di Desa Ujung Padang dan satu kelompok tani di Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia mengatakan, selanjutnya instansinya akan melakukan pengawasan secara periodik untuk memastikan mesin pencacah pelepah sawit menjadi pakan ternak tersebut bermanfaat untuk kelompok tani.

Ia menyatakan, tiga kelompok tani yang mendapatkan bantuan mesin pencacah kelapa sawit menjadi pakan ternak tersebut harus memanfaatkan bantuan tersebut sesuai dengan peruntukannya.

“Kalau ternyata ada kelompok tani tersebut tidak memanfaatkan mesin pencacah pelepah kelapa sawit menjadi pakan ternak, apa alasan mereka tidak memanfaatkannya,” ujarnya.

Ia menegaskan, instansinya akan mengalihkan bantuan mesin pencacah pelepah kelapa sawit yang tidak dimanfaatkan kepada kelompok tani lain. (Ant)

BengkuluKelapaMesinsawit
Comments (0)
Add Comment