UPT KPH Sikka Bagikan Bibit Tanaman Gratis

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Memasuki musim hujan Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelola Hutan (UPT KPH) kabupaten Sikka membagikan bibit tanaman gratis.

Pembagian bibit tanaman produksi tersebut dilakukan untuk perorangan maupun untuk lembaga yang ingin melalukan penanamam sendiri.

“Ada 8 ribu bibit tanaman produksi gratis yang diberikan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Benain Noelmina NTT,” kata Herry Siswadi, kepala UPT KPH Sikka, Rabu (4/12/2019).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelola Hutan (UPT KPH) Kabupaten Sikka, Herry Siswadi, saat ditemui di kantornya, Rabu (4/12/2019). Foto: Ebed de Rosary

Bibit tanaman yang dibagikan kata Herry sebanyak 8 ribu pohon yang terdiri dari mangga 3 ribu pohon, sirsak 2 ribu jambu air 2 ribu, jambu kristal 500 dan kelengkeng 500 pohon.

Bibit tanaman sebutnya, dibagikan kepada masyarakat perorangan maupun kelompok dimana perorangan minimal mendapatkan bantuan 100 pohon.

“Kalau kelompok minimal 1.500 pohon dan harus mengajukan permohonan. Syaratnya harus ditanam dan dirawat hingga bisa hidup,” ungkapnya.

Bibit tanaman ini kata Herry merupakan bantuan dari BPDAS HL dimana pihaknya mengajukan permohonan dengan membuat proposal dan mendapatkan bantuan bibit serta sekalian pembangunan lopo di gunung Egon.

“Kita bagikan kepada orang yang serius mau tanam. Kami juga akan tanam di gunung Egon untuk membuat hijau dan nantinya setiap staf UPT KPH Sikka akan diberi tanggung jawab menjaga agar pohon tersebut tetap hidup,” ungkapnya.

Direktur Wahana Tani Mandiri (WTM), Carolus Winfridus Keupung, mengapresiasi pembagian bibit tanaman meskipun berupa tanaman produksi atau pohon yang buahnya bisa dikonsumsi.

“Masyarakat kita memang paling senang kalau mendapat bantuan bibit tanaman gratis apalagi tanaman produksi.T api minimal harus diawasi agar bibit tanamannya benar-benar ditanam dan tidak mati,” harapnya.

Wim sapaannya juga meminta agar UPT KPH Sikka  membagikan bibit pohon seperti beringin dan lainnya di mata air dan di hutan-hutan lindung seperti Egon Ilimedo yang mulai gundul.

“UPT KPH Sikka dan Dinas Lingkungan Hidup Sikka bisa bekerja sama dengan kelompok masyarakat dan organisasi untuk melakukan penghijauan di mata air dan di kawasan hutan,” pungkasnya.

bibitgundulhutanNTTpohon
Comments (0)
Add Comment