Warung Cafe Damandiri Argomulyo Jajakan Makanan Kekinian

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo selalu pengelola unit usaha Warung Cafe Damandiri dengan cerdas memanfaatkan keramaian pengunjung Museum Memorial HM Soeharto untuk mendongkrak omzet usaha mereka.

Berlokasi tepat di depan museum, Warung Cafe Damandiri sejak beberapa waktu terakhir mulai menjual berbagai macam produk makanan kekinian yang sangat digemari anak-anak usia sekolah.

Hal itu dilakukan untuk membidik pasar anak-anak sebagai pengunjung mayoritas museum yang didominasi rombongan siswa sekolah mulai dari PAUD/TK hingga SD.

Manajer Usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Rita Kurnia, mengatakan, setidaknya ada sejumlah menu makanan baru yang disajikan di Warung Cafe Damandiri. Mulai dari Sempol Ayam, Sosis Bakar hingga aneka jus dan minuman kekinian lainnya.

Manajer Usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Rita Kurnia, di kantor Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Rabu (4/12/2019). Foto: Jatmika H Kusmargana

“Menu kekinian ini kita sajikan sebagai upaya meningkatkan omzet penjualan Warung Cafe Damandiri. Sebab kita tahu mayoritas pengunjung museum adalah rombongan anak-anak sekolah dari TK SD hingga SMP,” ungkapnya, Rabu (4/12/2019).

Mulai berjalan sejak Agustus 2019 lalu, perkembangan Warung Cafe Damandiri Argomulyo sendiri dikatakan semakin positif. Meskipun peningkatan omzet warung masih sangat tergantung dari ramai atau tidaknya pengunjung museum.

“Biasanya warung ramai saat akhir pekan atau hari libur. Karena memang saat itu pengunjung museum sedang banyak-banyaknya. Untuk omzet penjualan makanan dan minuman kekinian ini mencapai ratusan ribu setiap minggunya,” katanya.

Sebagai salah satu unit usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Warung Cafe Damandiri didirikan Yayasan Damandiri sejak tahun 2017 lalu.

Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, warung ini menjual berbagai macam produk mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga hasil kerajinan warga sekitar.

Selain berfungsi sebagai salah satu sumber pendapatan koperasi, adanya Warung Cafe Damandiri ini juga diharapkan mampu menggerakkan ekonomi warga sekitar. Sehingga warga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dan kesejahteraannya pun secara perlahan akan meningkat.

CerdasDamandiriDesaKerajinanKoperasiLestariMandirirumahsoehartoYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment