2019, Realisasi Program Damandiri di Tamanmartani Capai Rp500 juta

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Sepanjang 2019, Koperasi Tamanmartani Sejahtera, di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani, tercatat telah merealisasikan berbagai program pemberdayaan dari Yayasan Damandiri, senilai Rp500 juta lebih.

Manager Umum, Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, di sela Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar di Balai Desa Tamanmartani Kalasan Sleman Rabu (22/01/2020) kemarin. Jatmika H Kusmargana

Berbagai program itu meliputi lantainisasi, beasiswa PAUD, pelatihan guru PAUD, bantuan APE untuk PAUD, hingga penyaluran pinjaman modal usaha bagi warga pra sejahtera dan sejahtera 1.

Dalam laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2019 yang digelar di Balai Desa Tamanmartani Kalasan Sleman Rabu (23/01/2020) kemarin, tercatat Koperasi Tamanmartani Sejahtera telah menyalurkan bantuan lantainisasi bagi 189 keluarga penerima dengan total nilai mencapai Rp283 juta.

Koperasi Tamanmartani Sejahtera juga tercatat telah menyalurkan bantuan beasiswa PAUD bagi sebanyak 32 anak senilai Rp8,7 juta; menyelenggarakan pelatihan bagi 50 orang Guru PAUD senilai Rp74 juta; memberikan bantuan APE bagi 6 PAUD senilai Rp6 juta. Hingga menyalurkan pinjaman modal usaha bagi sebanyak 88 orang warga pra sejahtera dan sejahtera 1 senilai Rp150 juta.

“Berbagai program di 2019 itu, di luar sejumlah program yang telah berjalan sejak 2017 lalu. Seperti program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui unit usaha Homestay dan unit usaha Warung Cafe Damandiri,” ungkap Manager Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera Maimunah di sela kegiatan RAT tahun 2019 bertempat di balai desa Tamanmartani, Rabu (22/01/2020).

Lebih lanjut, Maimunah mengatakan, di samping menjalankan program kemitraan dari Yayasan Damandiri, Koperasi Tamanmartani Sejahtera, sepanjang tahun 2019 juga telah menjalankan program kemitraan dengan pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi Kabupaten Sleman.

Yakni berupa pelatihan bagi sebanyak 20 warga kurang beruntung di desa Tamanmartani. Dimana pelatihan ini berisi penyampaian materi tentang perkoperasian, managemen rumah tangga hingga motifasi usaha.

“Sinergi dengan berbagai pihak ini kita harapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga masyarakat di Desa Tamanmartani. Sehingga dapat menjadi solusi atas berbagai persoalan di desa Tamanmartani. Mudah-mudahan ke depan berbagai program ini bisa terus berlanjut sehingga menjadikan seluruh warga desa Tamanmartani lebih sejahtera,” ungkapnya.

Desa Cerdas Mandiri Lestari TamanmartaniDIYKoperasi tamanmartani Sejahterayayasan damandiriYogyakarta
Comments (0)
Add Comment