Dibantu Bibit, Minat Petani Purbalingga Tanam Durian Meningkat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURBALINGGA – Petani di Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga mulai berlomba-lomba untuk menanam durian, setelah mendapat bantuan bibit dari Dinas Pertanian. Tingginya minat petani untuk menanam durian ini, terlihat dari semakin meluasnya kebun durian di kecamatan tersebut.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian, tahun 2018 di Kecamatan Pengadegan terdapat 12.454 pohon durian, dengan luasan lahan mencapai 124,54 hektare. Dan di akhir tahun 2019, jumlah tanaman durian meningkat sebanyak 16.720 pohon, dengan luasan lahan 167,2 hektare.

Salah satu petani durian di Kecamatan Pegadegan, Sukirno mengatakan, hasil panen durian cukup menjanjikan. Sebab, durian Pengadegan sudah dikenal mempunyai cita rasa yang enak dan legit.

Salah satu petani durian di Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga, Sukirno, Senin (13/1/2020) sedang menghitung durian hasil panennya. Foto: Hermiana E. Effendi

Sukirno mengakui, awalnya ia hanya mempunyai beberapa batang pohon durian, tetapi setelah menikmati hasil panen, ia pun kemudian menambah jumlah tanamannya.

“Duriannya jenis monthong, sehingga harga di pasaran bagus, jadi lahan yang dulu sebagian saya tanami sayuran, sekarang dialihkan untuk menanan pohon durian semuanya,” katanya, Senin (13/1/2020).

Lebih lanjut Sukirno menjelaskan, untuk pemasaran durian, pihaknya juga tidak perlu bingung, sebab banyak pedagang besar yang datang untuk membeli dalam jumlah besar.

Tingginya minat para petani di Kecamatan Pengadegan untuk menanam durian ini dibenarkan oleh petugas penyuluh pertanian, Sri Hartati.

Menurutnya, bahkan tak hanya petani yang menanam durian, warga yang mempunyai pekarangan cukup luas, juga berminat untuk menanam durian.

“Perkembangan tanaman durian terutama di Desa Tetal dan Desa Tegalpingen, Kecamatan Pengadegan, kemudian Desa Bedagas dan Desa Tumanggal,” tuturnya.

Dinas Pertanian, lanjutnya, memberikan bantuan bibit durian jenis Monthong dan bibit durian lokal jenis Kromo Banyumas. Untuk awal tahun 2020 ini, Dinas Pertanian total memberikan bantuan 500 bibit batang durian dari dua jenis varietas tersebut.

“Awal tahun ini, yang mendapat bantuan bibit durian dari Pemkab Purbalingga yaitu untuk petani di Desa Bedagas sebanyak 200 batang bibit durian lokal Kromo Banyumas dan untuk petani di Desa Tumanggal sebanyak 300 batang varietas durian Monthong,” terangnya.

Selain dari pemkab, juga ada bantuan bibit dari pusat sebanyak 800 batang pohon durian. Bantuan bibit tersebut diberikan untuk petani di Desa Panunggalan sebanyak 350 bibit pohon durian, di Desa Pengadegan sebanyak 150 bibit pohon dan di Desa Karangjoho sebanyak 300 bibit pohon.

Bantuan bibit durian, lanjut Sri, diberikan secara bergantian. Namun, untuk petani yang tidak mendapatkan bantuan bibit, biasanya mereka membeli bibit sendiri, karena hasil panen durian cukup menjanjikan.

bibitdurianJatengkebun
Comments (0)
Add Comment