Genangan Air Terpantau di Sejumlah Kawasan di Bogor – Jakarta

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Hujan lebat yang terjadi di wilayah Jakarta dan Bogor sejak Sabtu (18/1) dini hari, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah diprakirakan dan diwartakan sejak Kamis (16/1). Terpantau beberapa wilayah Jakarta, bahkan sudah mulai hujan sejak sekitar pukul 22.00 WIB, Jumat (17/1). Sementara daerah Bogor, menurut pantauan, sudah mulai hujan sejak sekitar pukul 2 dini hari,  Sabtu (18/1).

Satpam salah satu perumahan di wilayah Cileungsi, Yusuf, menyatakan di wilayah Cileungsi hujan mulai pukul 3 dini hari hingga saat berita ini dilaporkan.

“Sudah hujan dari jam 3 pagi. Tapi petirnya baru terdengar tadi sekitar jam 6. Kalau hujan kayak gini, biasanya orang perumahan jarang ada yang keluar. Apalagi, ini Sabtu. Kalau hari kerja, jam 4 pagi saja sudah ada yang berangkat,” kata Yusuf, saat ditemui di sisi sungai yang melintas di tengah perumahan Grand Nusa Indah, Bogor Timur, Sabtu (18/1/2020).

Kasubbid Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Siswanto, M.Sc., saat ditemui di Gedung B Kantor BMKG,  Senin (16/12/2019). –Foto: Ranny Supusepa

Ia menyebutkan, biasanya tinggi air sungai tersebut hanya semata kaki anak kecil. Atau paling tinggi sebetis. “Sejak hujan tadi pagi, sudah sampai sedada orang dewasa. Dan, biasanya kalau sudah mulai petir, di kompleks ini pasti mati lampu,” ujarnya.

Hujan juga terpantau di wilayah Bojong Kulur, perbatasan Cileungsi dengan Bekasi. Wilayah yang mengalami dampak banjir akibat hujan di awal tahun, mengalami hujan sedang, dari subuh hingga berita ini dilaporkan.

Kasubbid Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Siswanto, M.Sc., menyatakan prakiraan potensi hujan lebat dan banjir sudah disampaikan sejak Jumat pagi (16/1).

“Kita prakirakan dari tanggal 17-19 Januari, hujan lebat masih akan terjadi di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Bogor dan Depok,” kata Siswanto, saat dihubungi.

Ia menyatakan, BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir, tanah longsor, genangan, pohon tumbang, jalan licin dan angin kencang.

“Untuk analisa curah hujan, masih menunggu laporan pada pukul 9 pagi ini,” pungkasnya.

BanjirBMKGbogorDKIhujanJakarta
Comments (0)
Add Comment