Kepedulian Masyarakat Penting Atasi Permasalah Sampah

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

DENPASAR — Wali Kota Denpasar Rai Mantra menyebutkan, permasalahan sampah harus diselesaikan bersama dan partisipasi masyarakat sangat penting untuk mengatasi masalah ini.

Menurutnya, di Kota Denpasar sendiri secara berkelanjutan terus digencarkan sosialisasi dan program yang mampu membangkitkan kepedulian masyarakat.

“Sampah kecil yang dihasilkan oleh rumah tangga berdampak besar bagi keberlangsungan hidup banyak orang. Hal ini lantaran sampah yang dihasilkan rumah tangga bergerak melalui aliran sungai jika dibuang sembarangan dan bermuara di lautan,” ujarnya saat ditemui di Denpasar, Rabu (14/1/2020).

Guna mengentaskan permasalahan tersebut perlu adanya sumbangsih dari berbagai kalangan. Pihaknya kini juga tengah merancang inovasi dan kebijakan yang peduli terhadap lingkungan, seperti Perwali Nomor 36 Tahun 2018 tentang pengurangan sampah plastik dan inovasi Si Darling, dimana masyarakat akan merasakan langsung manfaat dari peduli terhadap lingkungan.

“Dari berbagai inovasi ini akhirnya rumah tangga menjadi bijak dalam mengelola sampah, sehingga timbunan sampah menuju TPA dapat diminimalisir,. Saat ini inovasi Si Darling telah terintegrasi dengan Kartu Identitas Anak (KIA) dan menggunakan registrasi berbasis NIK. Poin yang dikumpulkan dalam Si Darling dapat dimanfaatkan oleh satu keluarga,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wilda Yanti, selaku penggiat lingkungan, untuk mengatasi masalah ini, terutama untuk sampah organik, yakni dengan meletakkan pada tempat yang terbuka (ember) lalu memmberikan formula agar sampah tidak bau. Setelah satu minggu sampah ini siap untuk dijadikan pupuk organik lalu bisa dijual.

“Tidak hanya sampah organik, kami juga mendaur ulang limbah industri, limbah perkotaan, kotoran hewan serta sampah non organik yang bisa kami jadikan bahan bakar minyak,” terangnya.

Dikatakan, untuk mengurangi sampah non organik khususnya sampah plastik, masyarakat harus lebih kreatif, salah satunya mendaur ulang menjadi benda-benda yang berguna dan bernilai tinggi.

Balidenpasar
Comments (0)
Add Comment