Koperasi Tamanmartani Sejahtera Targetkan Bangun Sumur dan Pamsimas

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Setelah sukses menjalankan berbagai program di tahun 2019, Koperasi Tamanmartani Sejahtera binaan Yayasan Damandiri, kembali menargetkan sejumlah hal di tahun 2020 ini. Di antaranya adalah menjalankan program sosial bagi masyarakat desa sebagaimana telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Manajer Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, mengatakan pihaknya tahun 2020 ini akan kembali memanfaatkan sebagian dana Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi untuk kepentingan masyarakat.

Terlebih capaian dana SHU Koperasi Tamanmartani Sejahtera tahun ini meningkat sebesar Rp9 juta dibandingkan tahun sebelumnya.

Sejumlah program kerja tersebut salah satunya adalah di bidang lingkungan. Tahun 2020 ini Koperasi Tamanmartani Sejahtera menargetkan akan meningkatkan sarana dasar sanitasi masyarakat dengan membangun sebanyak 8 unit sumur bagi warga desa.

Selain itu, koperasi juga berencana membangun jaringan air minum masyarakat (Pamsimas) guna memenuhi kebutuhan air bersih warga.

“Kita juga akan memanfaatkan SHU untuk menjalankan program sosial. Seperti peningkatan kesejahteraan lansia bagi sebanyak 25 orang warga. Serta bantuan jaminan sosial bagi warga kurang mampu atau kurang beruntung di desa Tamanmartani,” ungkapnya seusai ditemui di sela acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Tamanmartani bertempat di balai desa setempat, belum lama ini.

Lebih jauh Maimunah mengatakan, tahun 2020 ini pihaknya juga menargetkan adanya penambahan jumlah anggota koperasi yang saat ini telah mencapai 675 anggota. Termasuk penambahan jumlah giliran dana pinjaman yang saat ini telah mampu menghasilkan pendapatan hingga mencapai Rp140 juta lebih.

“Tahun ini koperasi mendapatkan suntikan dana pinjaman dari Yayasan Damandiri mencapai Rp 150 juta. Yakni melalui program Modal Kita. Adanya suntikan dana ini tentu diharapkan akan semakin memudahkan warga untuk mengakses modal ke koperasi,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait sejumlah program Yayasan Damandiri seperti Warung Damandiri dan Homestay Damandiri, Maimunah optimis keduanya akan semakin berjalan maksimal di tahun 2020.

Pasalnya setiap pelaku usaha seperti pemilik homestay memiliki kesempatan mengembangkan usaha mereka dengan memanfaatkan alokasi pinjaman modal usaha Modal Kita, yang lebih besar dari tahun sebelumnya.

anggotaDamandiriDesaKoperasiModalwargaYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment