Nelayan Aceh Barat Mendapat Bantuan Rumpon

MEULABOH – Nelayan di Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mendapatkan bantuan rumpon laut. Bantuan tersebut, menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produksi perikanan dan hasil tangkap nelayan tradisional di daerah tersebut.

Bantuan tersebut diserahkan oleh PT Mifa Bersaudara, sebagai salah satu perusahaan tambang yang selama ini memberikan perhatian terhadap perlindungan alam dan ekosistem laut. “Bantuan rumpon laut ini sangat membantu para nelayan dalam mencari nafkah sehari-hari, karena dapat meningkatkan hasil tangkap ikan,” kata Panglima Laut Lhok Meureubo, Aceh Barat, Abu Samah, Senin (13/1/2020).

Pembangunan rumpon tersebut akan dilakukan di bawah pengawasan nelayan. Sehingga kapal nelayan yang mencari ikan di laut setempat tidak terganggu, dengan adanya rumpon tersebut. “Nanti kami akan memberikan titik-titik koordinat terkait lokasi rumpon yang akan diletakkan, sehingga kapal-kapal yang beroperasi di laut tidak merusak rumpon bantuan ini,” ujar Abu Samah.

Wakil Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara, Indra Basudewa mengatakan, bantuan pembuatan rumpon ini diawali dari permintaan lembaga Panglima Laut Lhok Meureubo, Aceh Barat. Hal itu untuk memberikan manfaat bagi peningkatan produksi perikanan untuk para nelayan melalui program CSR.

Peletakan dan teknis lain dari pembangunan rumpon, akan dikawal langsung oleh Lembaga Panglima Laut Lhok Meureubo. Kegiatannya,  menyesuaikan kebutuhan dan ketentuan yang ada, sehingga pemanfaatan rumpon benar-benar sesuai kebutuhan para nelayan. “Pada tahun 2020 ini kita bersama Lembaga Panglima Laut Lhok Meureubo terus melakukan sinergi sebagai langkah dalam penerapan Community Involvement & Development untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan sosial bagi para nelayan dengan berbagai program,” kata Indra.

Saat ini, juga sedang membangun satu unit kapal pengawasan adat laut untuk Lembaga Panglima Laut Lhok Meureubo, dan direncanakan akan selesai pada akhir Januari 2020. “Kapal ini nantinya diharapkan dapat mengawal secara langsung pelestarian ekosistem dan biota laut sehingga dapat terjaga dengan baik di Aceh Barat,” tandasnya. (Ant)

AcehnelayanRumpon
Comments (0)
Add Comment