Pemdes Apresiasi Capaian Koperasi Tamanmartani Sejahtera Sepanjang 2019

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Kepala Desa Tamanmartani Kalasan Sleman, Joko Susilo, mengapresiasi kinerja pengurus Koperasi Tamanmartani Sejahtera sepanjang tahun 2019.

Selain dinilai mampu mengelola koperasi secara profesional, pengurus juga dinilai mampu mendayagunakan koperasi untuk kepentingan masyarakat desa sebesar-besarnya.

“Saya sangat mengapresiasi. Koperasi ini lembaga yang sangat sehat. Selalu mampu mengadakan RAT secara tepat waktu. Pengelola keuangan juga dilakukan secara tertib dan terbuka. Bahkan mampu menghasilkan SHU hingga mencapai Rp 89 juta,” ungkapnya di sela RAT Koperasi Tamanmartani Sejahtera, bertempat di balai desa Tamanmartani, belum lama ini.

Dalam kesempatan itu Joko juga mengapresiasi Koperasi Tamanmartani Sejahtera yang sepanjang 2019, mampu menyelenggarakan sejumlah program kegiatan sosial seperti pengentasan kemiskinan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baik itu dengan memanfaatkan dana SHU maupun memanfaatkan bantuan dari Yayasan Damandiri.

“Kita pemerintah desa Tamanmartani sangat mendukung keberadaan Koperasi Tamanmartani Sejahtera ini. Apalagi dengan adanya kerjasama dengan pihak Yayasan Damandiri. Karena terbukti mampu berkontribusi untuk masyarakat desa. Baik di bidang ekonomi, lingkungan, kesehatan hingga pendidikan,” katanya.

Joko pun berharap tahun 2020 ini, Koperasi Tamanmartani Sejahtera dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasinya guna membantu pemerintah desa dalam mengatasi berbagai persoalan di masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan desa Tamanmartani yang lebih maju dan sejahtera.

“Semoga ke depan program koperasi bisa terus fokus untuk menyasar warga miskin di desa Tamanmartani. Karena ini sejalan dengan program pemerintah desa. Kita selaku pemerintah desa juga akan mendukung, dengan mengalokasikan dana dari APBDes,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui Koperasi Tamanmartani Sejahtera binaan Yayasan Damandiri tercatat mampu meningkatkan jumlah pendapatan sepanjang tahun 2019 kemarin. Peningkatan jumlah pendapatan itu juga berdampak pada peningkatan jumlah Sisa Hasil Usaha (SHU) sepanjang tahun 2019.

Dari hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar di Balai Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, belum lama ini. Koperasi Tamanmartani Sejahtera tercatat mampu memperoleh pemasukan sebesar Rp148 juta lebih.

Sementara jumlah SHU mencapai Rp89 juta lebih. Atau meningkat sebesar Rp 9 juta dari tahun sebelumnya.

DamandirifokuskontribusiKoperasipengurusUsahaYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment