Pilkades Serentak di Temanggung Libatkan 583 Cakades

TEMANGGUNG  – Sebanyak 583 bakal calon kepala desa (cakades) maju dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 215 desa Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Ketua Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono, di Temanggung, Sabtu, mengatakan pilkades serentak digelar pada 9 Januari 2020.

Ia menyampaikan hal tersebut usai apel kesiapsiagaan dan deklarasi damai pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Temanggung tahun 2020 di Alun-Alun Temanggung yang diikuti para bakal calon kades, ketua panitia pilkades, dan para penjabat kepala desa.

Agus mengatakan apel kesiapsiagaan dan deklarasi damai ini untuk mewujudkan pilkades serentak di 215 desa se-Kabupaten Temanggung yang jujur, aman, damai, tertib, dan lancar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang telah ditetapkan.

“Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan situasi dan kondisi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung yang kondusif,” katanya.

Agus menuturkan tahapan pilkades serentak Kabupaten Temanggung tahun 2000 telah dilaksanakan sejak Mei 2019 yang diikuti 216 desa.

Sampai dengan saat ini, katanya tinggal 215 desa yang masih mengikuti proses pilkades, hal ini karena satu desa yaitu Desa Wates Kecamatan Wonoboyo sampai dengan dilaksanakannya perpanjangan pendaftaran tetap tidak ada pendaftar sehingga proses pilkades dihentikan.

Ia menyebutkan dari 215 desa yang melaksanakan pilkades, hanya terdapat satu desa yaitu Desa Badran, Kecamatan Kranggan dengan pendaftar bakal calon kepala desa 7 orang di mana sesuai dengan ketentuan jumlah calon kades maksimal 5 orang sehingga pada 2 Januari 2020 dilaksanakan uji kompetensi untuk memilih lima besar calon.

Tahapan demi tahapan pilkades serentak saat ini telah sampai pada penghujung tahapan pilkades dan masih menyisakan beberapa tahapan yang siap dilaksanakan, yaitu penetapan calon kepala desa dan pengundian nomor urut calon kades, dilaksanakan pada 6 Januari 2020.

Kemudian kampanye  dilakukan selama 2 hari pada 6-7 Januari 2020. Hari tenang pada 8 Januari 2020  digunakan panitia pilkades untuk memaksimalkan persiapan pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Januari 2020. (Ant)

CalonDeklarasiJatengpilkades
Comments (0)
Add Comment