Program Pemberdayaan Damandiri Berjalan Sukses di Argomulyo

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Sepanjang tahun 2019 Yayasan Damandiri, yayasan yang didirikan oleh Jenderal Besar HM Soeharto melalui Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo sukses menjalankan berbagai program pemberdayaan di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo, Sedayu, Bantul. Meliputi sejumlah peningkatan ekonomi desa maupun sosial masyarakat.

Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho mengatakan, hingga penghujung tahun 2019 pihaknya telah menyalurkan bantuan peningkatan ekonomi berupa pinjaman modal usaha, lewat program ‘Modal Kita’ mencapai Rp900 juta lebih.

Lewat program yang dulu bernama ‘Tabur Puja’ itu, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo diketahui berhasil membantu sedikitnya 420 warga miskin/kurang mampu untuk menjalankan berbagai usaha. Mulai dari usaha warung kelontong, warung makan, toko oleh-oleh dan cinderamata, kerajinan hingga usaha di bidang pertanian.

Tak hanya itu, sepanjang 2019 Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo juga tercatat mampu meningkatkan ekonomi pada peternak di desa Kelahiran Presiden RI ke2 HM Soeharto tersebut. Melalui program Usaha Demplot Ternak Sapi, belasan peternak yang tergabung dalam Kelompok Ternak Ngudi Rejeki mampu mendapatkan tambahan penghasilan dari usaha ternak mereka.

“Kita juga telah banyak melakukan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program sosial. Di antaranya seperti membantu 171 kk lewat program laintainisasi hingga membantu 25 kk lewat program jambanisasi,” ungkapnya kepada Cendananews, Kamis (16/01/2019).

Meski begitu, dari hasil evaluasi, Menurut Gatot, masih ada PR yang harus diselesaikan Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo selalu pengelola Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo. Antara lain terkait pengembangan unit usaha Warung Damandiri, serta unit usaha homestay.

“PR kita di Warung dan Homestay. Karena untuk warung masih belum bisa berjalan seperti yang diharapkan. Begitu juga dengan homestay. Sebab selama ini hanya ramai saat sedang masa liburan atau saat sedang ada kegiatan di sekitar lokasi saja. Sehingga butuh gebrakan baru. Ini yang ingin kita lakukan di tahun 2020,” ungkapnya.

ArgomulyobantulDesa Cerdas Mandiri LestariJenderal Besar HM SoehartoKoperasi Sahabat Damandiri Sejahtera ArgomulyoSedayuyayasan damandiri
Comments (0)
Add Comment