Seluruh Puskesmas di Mukomuko Lulus Akreditasi

MUKOMUKO  – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan semua puskesmas di daerah itu, berjumlah 17 unit, yang mengikuti akreditasi sejak beberapa tahun terakhir dinyatakan lulus oleh Tim Surveyor Akreditasi Kementerian Kesehatan RI.

“Saat ini semua puskesmas di daerah ini telah terakreditasi dan empat dari 17 puskesmas yang mengikuti survei akreditasi pada 2019 yang terakhir keluar hasil penilaiannya, yakni puskesmas di Kecamatan Malin Deman dan puskesmas ini lulus dengan kelas dasar,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, di Mukomuko, Sabtu.

Dari 17 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu, empat unit yang terakhir mengikuti survei akreditasi pada 2019, sedangkan semua puskesmas tersebut lulus.

Sebanyak empat puskesmas tersebut, yakni puskesmas di Kecamatan Selagan Raya, puskesmas di Desa Bukit Mulya, puskesmas di Desa Lalang Luas, dan puskesmas di Kecamatan Malin Deman.

Selain empat puskesmas itu, kata dia, ada dua puskesmas, yakni di Kecamatan Air Dikit dan Kecamatan Penarik menjalani reakreditasi dan penilaian untuk memperoleh peningkatan kelas.

Ia menyatakan dari hasil penilaian Tim Surveyor Akreditasi Kementerian RI, status dua puskesmas yang sudah akreditasi di daerah itu naik kelas dari dasar menjadi madya.

Ia berharap, setelah puskesmas lulus akreditasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah itu semakin meningkat.

Ia menyatakan tujuan akreditasi puskesmas untuk meningkatkan mutu dan manajemen layanan kesehatan tersebut.

Selain itu, kata dia, agar seluruh puskesmas di daerah itu terdata sesuai dengan standar pelayanan, sedangkan manajemen, prosedur tetap, dan sikap tenaga medis bisa menjadi lebih mantap.

“Tujuan akreditasi puskesmas agar pasien yang datang ke puskesmas yang telah terakreditasi mendapat pelayanan terbaik,” ujarnya. (Ant)

akreditasiBengkuluMutupuskesmas
Comments (0)
Add Comment