Sensasi Manis Pahit Durian Sukarno Taman Buah Mekarsari

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

BOGOR — Sensasi pertama yang bisa dirasakan dari Durian Sukarno adalah aromanya yang tajam. Ditambah dengan rasa manis pahit buahnya, tak salah jika jenis buah ini digandrungi oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Staf Agro Taman Buah Mekarsari Anna menyatakan nama buah durian ini diambil dari nama presiden pertama Indonesia, karena sangat disukai oleh Bung Karno.

“Yang membuat Bung Karno suka, itu adalah rasanya yang sangat manis, hingga saat matang sempurna terasa seperti pahit. Kalau aslinya sih dari Bengkulu,” kata Anna saat ditemui di Kebun Durian, Taman Buah Mekarsari Bogor, Kamis (16/1/2020).

Durian Sukarno ini juga memiliki biji lonjong yang sangat kecil dan daging buah yang tebal, sebagai ciri khasnya.

“Saat matang sempurna, daging buahnya lembek, tidak terlalu kering dan berwarna putih kekuningan,” urai Anna saat membuka durian yang masuk pada kematangan 60-70 persen.

Saat masih berumur muda dan daging buahnya masih keras, Anna menyebutkan rasa daging buah durian tetap manis. Walaupun daging buah masih belum terlalu lembek.

“Kalau pecinta durian, biasanya yang dicari ya Sukarno ini. Karena manisnya itu pas lah. Wangi durian Sukarno ini memang lebih kuat dibanding jenis lainnya,” ucapnya.

Durian Sukarno termasuk jenis yang memiliki ukuran besar dengan tipikal duri yang pendek tapi runcing. Warna kulit buahnya, hijau dengan semburat kuning.

“Rata-rata sih tiga kiloan per buahnya. Tapi di Mekarsari, bisa maksimal hingga 4-5 kg per buah. Tahun ini, kita perkirakan bisa mencapai 1,5 ton panennya dari 16 pohon yang dimiliki Mekarsari. Per pohonnya bisa mencapai 30-50 buah,” paparnya.

Pohon durian Sukarno yang masih menyisakan beberapa buah untuk di panen akhir minggu ini, Area Kebun Durian, Taman Buah Mekarsari Bogor, Kamis (16/1/2020) – Foto Ranny Supusepa

Pohon durian Sukarno, tak banyak perbedaan dengan durian sejenis. Perawatannya pun sama saja dengan jenis durian yang lain.

“Hingga memasuki akhir program panen durian, masih ada beberapa durian Sukarno yang masih kecil. Jadi kemungkinan masih akan bisa dinikmati hingga seminggu kedepan,” pungkasnya.

bogorDurian SukarnoJabarSoekarnotaman buah mekarsari
Comments (0)
Add Comment