Seorang Terduga Pelaku Pembalakan Liar di Aceh Diamankan

MEULABOH – Polres Aceh Barat menangkap seorang pria berinisial S (50), warga desa di Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, karena diduga sebagai pelaku pembalakan liar. Aksi penebangan dilakukan di kawasan hutan lindung di daerah itu.

“Pelaku yang kita amankan ini bekerja seorang diri, untuk menebang pohon di hutan lindung,” kata Kapolres Aceh Barat, AKBP Andriantob Argamuda SIK bersama Wakapolres, Kompol Zainuddin, di Meulaboh, Senin (13/1/2020).

Dari tangan tersangka S, polisi mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya 40 batang kayu jenis Meranti, serta satu mesin pemotong kayu. Berdasarkan pengecekan tunggul kayu dan pengambilan titik koordinat bersama Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Wilayah IV Aceh, lokasi pengambilan kayu tersebut berada di kawasan hutan lindung di pedalaman Kabupaten Aceh Barat.

Kompol Zainuddin mengatakan, hingga saat ini polisi belum menemukan adanya calon tersangka lain dalam perkara tersebut. Tersanga S mengaku, melakukan tindak pidana tersebut seorang diri. Akibat tindakannya, tersangka terancam hukuman Undang-Undang No.18/2013, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Ancaman hukumannya, pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun. “Tersangka juga terancam pidana denda sebesar Rp500 juta dan paling banyak Rp2,5 miliar,” kata Kompol Zainudin. (Ant)

Acehhutanlingkunganpembalakan liar
Comments (0)
Add Comment