Tantangan Memancing Ikan Betutu di Danau Mekarsari

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Kesulitan memancing ikan Betutu adalah karena jenis ikan ini termasuk dalam jenis ikan yang tidak mengejar umpan. Dan lokasi ikan biasanya ada di area pinggir ekosistem perairan tawar. Tapi, dengan ekosistem lestarinya, Danau Mekarsari mampu menjadi lokasi strike Betutu.

Pemancing atau angler Christian menyatakan, bahwa keberhasilannya mendapatkan ikan Betutu pada kegiatan tahunan Angler Pemburu Strike Indonesia (APSI) adalah karena dirinya sudah terbiasa dengan kebiasaan ikan Betutu.

“Ini kali kedua saya ikut turnamen APSI, setelah sekian lama vakum dari kegiatan turnamen. Tahun kemarin juga di Mekarsari ini,” kata Christian saat ditemui usai menerima penghargaan di Danau Mekarsari, Taman Buah Mekarsari Bogor, Minggu (12/1/2020).

Ia menceritakan dirinya sudah memancing sejak kelas 3 SD. Karena ayahnya juga seorang angler.

“Karena sering ikut papa, jadi suka mancing. Ditambah sensasi strike-nya, membuat saya tumbuh menjadi angler juga,” ujar pria yang tergabung di komunitas FCB Depok ini.

Walaupun Atoy, demikian dirinya akrab dipanggil, saat ini lebih sering memancing di laut tapi saat kecil dulu dirinya lebih sering memancing di empang.

“Sekarang biasanya di Kepulauan Seribu atau danau seperti di Mekarsari ini. Kalau di laut, dapetnya itu GT atau Giant Travelly, Kerapu dan Tenggiri. Yang paling besar, waktu saya mendapatkan Tenggiri seberat 7 kg. Joran saya hampir patah waktu itu, karena LB-nya lebih kecil. Harusnya, LB-nya lebih besar,” kata pria yang berprofesi sebagai Sales Granit ini.

Terkait hasilnya di Danau Mekarsari, yaitu Betutu sepanjang 30,5 cm, ia menyebutkan penyebabnya adalah karena dirinya sudah terbiasa dengan perilaku Betutu.

“Betutu itu kalau umpan tidak di samping mulutnya, tidak akan dimakan. Jadi harus dekat banget dengan mukanya. Betutu ini kan disebutnya Gabus males. Karena ya itu, nggak akan mengejar umpan,” urainya.

Selain itu, memancing Betutu itu harus di pinggir danau.

“Betutu ini tidak di tengah. Biasanya habitatnya ada di pinggiran atau lekukan di area pinggir danau,” tandasnya.

Sekretaris APSI, Yasser Mujahidin, menyebutkan ikan Betutu termasuk salah satu ikan yang jarang didapatkan oleh para angler karena memiliki sifat yang berbeda dengan ikan Gabus, walaupun secara fisik hampir mirip.

Sekretaris APSI Yasser Mujahidin (kiri) saat ditemui di sela kegiatan APSI di Danau Mekarsari, Taman Buah Mekarsari Bogor, Minggu (12/1/2020) – Foto: Ranny Supusepa

“Betutu ini punya nama Gabus males atau Gabus buntek, yang mendeskripsikan kebiasaannya malas mengejar umpan. Tubuhnya tidak terlalu panjang dan cenderung menggemuk. Kalau hari ini ada yang dapat, itu benar-benar bagus,” ujarnya.

Ia menyebutkan, Danau Mekarsari ini termasuk ekosistem yang terjaga. Sehingga ikan Betutunya bisa terpancing oleh angler.

“Betutu ini penunggu mangsa bukan pengejar. Jadi angler jarang strike Betutu. Tapi, dengan kondisi Danau Mekarsari yang lestari ini, kita harapkan para angler bisa mendapat kepuasan strike Betutu,” pungkasnya.

betutuBuahDanauEkosistemgabusJabarmekarsaripemancingtaman
Comments (0)
Add Comment