Pelatih Persebaya Tak Permasalahkan Penundaan Laga Versus Persija

SURABAYA – Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengaku tak mempermasalahkan penundaan laga melawan tuan rumah Persija Jakarta, yang sedianya digelar, Sabtu (7/3/2020).

Sebelumnya, Operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi menunda laga Liga 1 Indonesia 2020 Persija versus Persebaya demi menghindari semua pihak dari ancaman virus corona. Dikutip dari laman resmi Persebaya, LIB menuangkan kebijakan itu melalui surat bernomor 127/LIB-KOM/III/2020  tertanggal 4 Maret 2020. (Baca: https://www.cendananews.com/2020/03/karena-corona-lib-tunda-laga-persija-versus-persebaya.html).

Keputusan itu diambil berdasarkan surat dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta tentang peningkatan kewaspadaan terhadap virus corona pada 3 Maret 2020. “Karena sudah aturan, kami menaatinya dan tak masalah,” ujarnya kepada wartawan di sela latihan di Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (4/3/2020).

Persebaya sedianya dijadwalkan berangkat ke Jakarta pada Kamis (5/3/2020), bahkan sudah siap tiket pesawat, termasuk telah menyusun pemain yang dipersiapkan bermain di Stadion Gelora Bung Karno. “Saat latihan tadi, di 15 menit awal saya mendengar informasi ada penundaan. Latihan tak ada perubahan, tapi besok saya liburkan karena dua hari terakhir ini menu latihannya cukup keras,” ucapnya.

Eks-Pelatih Persela Lamongan menilai, penundaan laga melawan Persija sebenarnya bukan suatu keuntungan, karena persiapan sudah matang sehingga siap bermain, meski di kandang lawan. Kendati demikian, timnya siap bermain kapan saja, dan dalam kondisi siap tampil. “Karena ditunda, sekarang fokus kami bersiap melawan Persipura yang jadwalnya sepekan setelah laga melawan Persija,” kata legenda hidup Persebaya tersebut.

Pelatih Persija Jakarta Sergio Farias memberikan keterangan kepada media di Mes Persija, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (4/3/2020) – Foto Ant

Sementara itu, Persija Jakarta mengisi waktu dengan berlatih dan beruji coba, setelah laga versus Persebaya dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2020, ditunda demi menghindari virus corona. “Kami akan berlatih sambil mengembalikan kondisi para pemain yang sebelumnya cedera. Kami juga sudah mempunyai jadwal uji coba,” ujar pelatih Persija, Sergio Farias di Mes Persija, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Farias menyebut, di laga uji coba skuat Macan Kemayoran akan menghadapi tim muda Persija. Para pemain yang diprioritaskan untuk merumput di pertandingan tersebut adalah pemain baru, atau mereka yang memiliki sedikit jam bertanding dan pemain yang baru pulih dari cedera. “Kami juga mengoreksi beberapa kesalahan di dalam permainan kami sebelumnya,” kata Farias.

Sementara terkait penundaan pertandingan kontra Persebaya, juru taktik asal Brazil itu memaklumi keputusan operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan pemerintah. Virus corona, disebutnya memang sudah menjadi masalah dunia dan harus diwaspadai. “Kami sebenarnya siap untuk bertanding, tetapi kami mengikuti peraturan,” tutur pria berusia 52 tahun itu. (Ant)

coronaJakartaLIBliga 1 indonesiapersebayapersijaPT LIBSepak BolaSurabaya
Comments (0)
Add Comment