Kota Jambi Siapkan Pemakaman Khusus Covid-19

JAMBI – Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi telah mempersiapkan pemakaman khusus untuk korban meninggal positif Covid-19.

“Pemakaman umum khusus Covid-19 ini dipersiapkan sebagai antisipasi jika ada penolakan dari warga terhadap pemakaman korban Covid-19,” kata Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, di Jambi, Rabu (29/4/2020).

Pemakaman khusus Covid-19 tersebut terletak di jalan lingkar, Kecamatan Kota Baru, yakni pemakaman Pusara Agung milik Pemerintah Kota Jambi. Luas area pemakaman tersebut sekitar 3,5 hektare.

Di dalam kawasan pemakaman tersebut, terbagi dalam beberapa klaster. Khusus untuk pemakaman korban Covid-19 terletak sekitar 300 meter dari pintu gerbang pemakaman, terpisah dari kawasan pemakaman untuk masyarakat umum.

Selain lokasi pemakaman, petugas penggali kubur pun telah dipersiapkan. Ada lima orang petugas penggali kuburan yang dipersiapkan khusus untuk menggali liang lahat bagi korban Covid-19.

“Semua persiapan ini menunjukkan kita siap menghadapi situasi seburuk apa pun di tengah pandemi Covid-19. Harapannya hal tersebut tidak sampai terjadi,” kata Syarif Fasha.

Selain mempersiapkan pemakaman khusus bagi korban Covid-19, Syarif Fasha juga meninjau gedung perawatan baru untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Bangunan tersebut memiliki kapasitas 65 set tempat tidur dan dilengkapi fasilitas penunjang perawatan bagi pasien Covid-19,” kata Syarif Fasha.

Kepada pasien Covid-19 Kota Jambi, Syarif Fasha berharap agar tidak menjadikan hal tersebut sebagai beban berat. Sebab, Pemkot Jambi telah menanggung segala biaya, termasuk biaya untuk keluarga yang ditinggalkan di rumah.

Per tanggal 28 April 2020, di Kota Jambi ada 25 orang berstatus PDP, 18 orang di antaranya menjalani perawatan di gedung baru Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi. Sementara 9 orang terkonfirmasi positif Covid-19, di mana tujuh orang di antaranya dirawat di gedung baru tersebut. (Ant)

COVID-19JambiMakampasien
Comments (0)
Add Comment