Pasca-Lebaran Penghuni Karantina di GOR Satria Purwokerto, Surut

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Pasca-lebaran, jumlah penghuni karantina di GOR Satria Purwokerto berkurang cukup banyak. Saat ini tinggal tersisa 41 orang yang menjalani karantina dan gedung besar tersebut semakin lengang serta sepi.

“Sekarang semakin sepi, sudah banyak yang pulang ke rumah setelah lebaran kemarin,” kata salah satu penghuni, Mutriah, Rabu (27/5/2020).

Karena jumlah penghuni semakin sedikit, maka jarak antarpenghuni juga diperlebar. Meskipun dalam satu ruangan, mereka tetap mengobrol dalam jarak yang cukup jauh.

“Satu-satunya hiburan di sini hanya handphone, bisa untuk menghubungi keluarga kalau kangen,” tutur warga Kecamatan Kedungbanteng ini.

Hal serupa juga disampaikan Heru, warga Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor. Sejak pulang dari Bali, ia langsung menjadi penghuni GOR Satria. Sekarang sudah memasuki hari ke-7, ia harus menginap di GOR.

“Sering video call dengan istri dan anak-anak, terlebih saat lebaran kemarin, bisa sehari video call sampai tiga kali,” kata ayah dua anak ini.

Heru mengatakan, ia mempunyai dua orang anak, yang satu masih sekolah di Taman Kanak-Kanak dan yang sulung sudah kelas 5 Sekolah Dasar (SD). Setiap lebaran, ia pasti pulang dan menghabiskan waktu dengan keluarga, namun lebaran tahun ini, ia harus tertahan di tempat karantina.

Penghuni GOR lainnya, Sunardi, warga Desa Kebanggan, Kecamatan Sumbang mengatakan, pelayanan di tempat karantina cukup bagus. Dari mulai makanan hingga tempat untuk mandi dan tempat tidur, meskipun seadanya.

Sunardi menuturkan, meskipun jauh dari keluarga, ia menyadari pentingnya menjalani karantina demi kebaikan bersama. Ia mengaku sudah paham akan tujuan dari karantina, yaitu memutus penyebaran Covid-19. Penjelasan tersebut diperolehnya langsung dari bupati Banyumas, saat berkunjung ke GOR Satria.

“Sudah mendapat penjelasan dari Pak Bupati, karantina ini demi kebaikan bersama. Sehingga saat berkumpul dengan keluarga nanti, kita sudah dipastikan dalam kondisi sehat dan terbebas dari virus corona,” kata ayah tiga anak ini.

Sementara itu, Kabid Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Taufik Widjatmoko, mengatakan, saat lebaran kemarin jumlah penghuni karantina di GOR Satria ada 152 orang. Sehingga suasananya masih ramai. Namun, pasca-lebaran ini, banyak yang selesai menjalani karantina dan diperbolehkan untuk pulang.

“Sekarang tinggal tersisa 41 orang yang di GOR Satria, sebagian sudah pulang,” katanya.

CovidJatengkarantinalebaran
Comments (0)
Add Comment