Pedagang di Krambilsawit Terima Bantuan Sembako Damandiri

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Purwanti, warga Dusun Pringwulung, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, nampak sumringah saat menerima bantuan sembako dari Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit.

Beras sebanyak 5 kilogram serta telur sebanyak 1,5 kilogram yang bersumber dari Yayasan Damandiri, seolah begitu berarti bagi ibu rumah tangga yang termasuk dalam keluarga miskin atau kurang mampu di Desa Cerdas Mandiri Lestari Krambilsawit itu.

Bagaimana tidak, sejak pandemi virus corona dua bulan belakangan, keluarga Purwanti terpaksa bertahan hidup di tengah situasi sulit. Suaminya sebagai satu-satunya tulang punggung keluarga, tak lagi bisa bekerja berjualan bakwan kawi secara keliling.

Kebijakan pemerintah yang membatasi kegiatan warga, membuat dagangan bakwan kawi suaminya tak laku terjual. Keluarga dengan anak satu itu pun hanya bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dari hasil bertani di ladang.

“Sudah dua bulan ini suami sudah tak jualan. Biasanya suami kerja jualan bakwan kawi secara keliling. Karena itu, saya sangat berterima kasih menerima bantuan sembako ini, mudah-mudahan virus corona segera hilang, sehingga keadaan bisa normal kembali,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui Koperasi KUD SHS Mandiri Krambilsawit yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri kembali menyalurkan bantuan paket sembako gratis bagi warga miskin terdampak Covid-19 di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul, Minggu (26/4/2020).

Bantuan sembako ini berasal dari Yayasan Damandiri yang merupakan Yayasan bentukan Presiden kedua RI, HM Soeharto kepada Lumbung Sedekah Kita, Koperasi KUD SHS Mandiri Krambilsawit. Total ada sebanyak 583 paket sembako dibagikan kepada warga yang membutuhkan di sebanyak sembilan padukuhan Desa Krambilsawit.

Koordinator II Lumbung Sedekah Kita, sekaligus Manager Keuangan Koperasi KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Tri Yuliani, mengatakan seluruh paket sembako itu diberikan pada warga miskin terdampak Covid-19 secara merata, baik yang belum bergabung menjadi anggota koperasi maupun yang telah bergabung menjadi anggota koperasi.

Yuli berharap adanya bantuan paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat Desa Krambilsawit, khususnya mereka yang terdampak virus corona atau Covid-19. Pasalnya semenjak pandemi virus corona, banyak masyarakat Desa Krambilsawit yang tak punya penghasilan akibat tak bisa bekerja.

Bantuan sembakoDCML KrambilsawitgunungkidulKoperasi SHS MandiriPandemi Covid-19Pedagangsoehartoyayasan damandiri
Comments (0)
Add Comment