Terkait Tes Swab, Peralatan Laboratorium Unand Padang Perlu Ditambah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Pihak laboratorium Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, mengklaim bisa meningkatkan jumlah tes sampel swab apabila Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menambahkan peralatan dan kapasitas di laboratorium  tersebut.

Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Dr. dr. Andani Eka Putra, menjelaskan, tim yang bertugas di laboratorium  selama ini bekerja hampir 24 jam, sehingga tim bekerja melebihi kapasitas. Dengan alat dan tim yang ada sekarang, tim mampu melakukan tes sampel swab setiap harinya sebanyak hingga 500.

Menurutnya, idealnya untuk lebih maksimal dan menuntaskan penanganan Covid-19 di Sumatera Barat ini, perlu lebih banyak lagi dilakukan tes swab dengan cara penambahan alat. Kini apabila peralatan dan kapasitas  laboratorium    ditambah, maka tes swab bisa dilakukan lebih banyak lagi, yakni mencapai hingga 1.000-1.500 sampel per hari.

“Dengan peralatan yang ada saat ini kita nyaris bekerja selama 24 jam, dengan kinerja melakukan tes sampel swab sebanyak 500 per harinya. Nah, jika peralatan Laboratorium Unand Padang ini ditingkatkan, maka kita bisa meningkatkan jumlah tes sampel swab, yakni 1.000-1.500 sampel per hari,” katanya, Senin (11/5/2020).

Ia menyebutkan, melihat situasi penyebaran virus Covid-19 yang semakin hari terus membuat warga jadi terpapar, penting untuk meningkatkan kinerja, agar penanganan Covid-19 ini bisa lebih maksimal.

Sementara itu, menyikapi harapan dari pihak laboratorium Unand Padang itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Barat, Yefri Heriani, mengatakan, di satu sisi Ombudsman melihat sejauh ini strategi Laboratorium Biomedik Unand Padang yang telah melakukan pool test Corona dengan mencari sejumlah orang dalam populasi tertentu, tampaknya sangat efisien dan efektif, untuk mempercepat upaya memutus rantai penyebarluasan covid 19.

areaCovidOmbudsmanSumbar
Comments (0)
Add Comment