Damandiri Inisiasi Terbentuknya Pokja Kemandirian Pangan Desa Argomulyo

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Argomulyo, Sedayu, Bantul, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) melibatkan berbagai pihak, sebagai salah satu upaya dalam rangka membangun, mengembangkan dan mewujudkan Kemandirian Pangan Desa. 

Diinisiasi dan didukung oleh Yayasan Damandiri, melalui Musdes ini masyarakat Argomulyo sepakat membentuk Tim Kelompok Kerja Pengembangan Kemandirian Desa.

Pokja ini diisi berbagai kalangan mulai dari tokoh masyarakat, Manajer KUD, Kasi Kesejahteraan Desa, Carik Desa, PPL tingkat kecamatan, hingga Kelompok Tani muda serta Karang Taruna.

Sekretaris Pokja Pengembangan Kemandirian Desa Argomulyo, yang juga Manajer Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, mengatakan misi utama Pokja ini adalah meningkatkan kualitas SDM, guna mencapai kemandirian pangan desa Argomulyo. Yakni, dengan tugas dan fungsi antara lain mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta memberikan solusi atas berbagai persoalan di sektor pertanian.

“Desa Argomulyo ini sebenarnya memiliki potensi besar di sektor pertanian, karena memiliki lahan luas dengan pengairan sepanjang tahun. Namun sayang, hasil produksinya belum bisa maksimal. Karena itu, harus terus kita dorong. Tidak hanya sekadar menerima bantuan terus hilang. Tapi, bertanggungjawab untuk mengembangkan usaha,” katanya, di sela Musdes di Balai Desa Argomulyo, Selasa (9/6/2020).

Sekretaris Pokja Pengembangan Kemandirian Desa Argomulyo, yang juga Manajer Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, (berdiri), saat memberikan materi dalam musdes di Balai Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, Selasa (9/6/2020). –Foto: Jatmika H Kusmargana

Dalam paparannya, Gatot menyebut ada berbagai pertimbangan dan alasan yang mendorong perlunya mewujudkan Kemandirian Pangan Desa. Mulai dari makin terbatasnya pasokan dan pasar pangan dunia akibat pandemi Covid-19, ancaman bencana kekeringan panjang, hingga kekhawatiran banyak masyarakat petani akan terlena dengan banyaknya bantuan jaring pengaman sosiaI, sehingga dapat menurunkan produksi dan produktivitas pertanian.

“Karena itulah, Kemandirian Pangan Desa perlu dibangun dan dikembangkan, untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat desa dan sekitarnya. Sehingga turut menciptakan keamanan pangan, lapangan kerja, meningkatnya produksi pangan serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat Desa Argomulyo,” ungkapnya.

Selain bertujuan mewujudkan Kemandirian Pangan Desa, musdes juga diharapkan mampu mengoptimalkan lahan dan SDM Desa untuk kegiatan produktif, meningkatkan produksi pangan desa, membagun kegotongroyongan pemangku kepentingan dalam pengembangan pangan, hingga mempercepat pembangunan desa Argomulyo sebagai desa agro eko-edu-wisata pendukung wisata sejarah di Yogyakarta.

ArgomulyoCerdasDesaDIYLestariMandiriMusdesPanganSDMYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment