Yayasan Damandiri Terus Berkomitmen Entaskan Kemiskinan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Yayasan Damandiri sejak dulu mempunyai komitmen untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat. Salah satu media yang ditempuh adalah dengan mendirikan koperasi di berbagai wilayah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Banyumas, Muhammad Arsyad Dalimunte.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Banyumas, Muhammad Arsyad Dalimunte di Purwokerto, Senin (15/6/2020). Foto: Hermiana E. Effendi

Menurutnya, sejak awal rencana pendirian Koperasi Utama Sejahtera Mandiri di Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, ia ikut terlibat dalam pendampingan.

“Yayasan Damandiri fokusnya pada pengentasan kemiskinan melalui media koperasi. Sehingga di berbagai wilayah, termasuk di Kecamatan Cilongok dibangun usaha berbasis kearifan lokal,” terangnya, Senin (15/6/2020).

Arsyad mencontohkan, untuk di Kecamatan Cilongok yang terdapat banyak petani gula kelapa, maka Yayasan Damandiri membuat pabrik pengolahan gula kelapa. Kemudian dalam perkembangannya, saat melihat banyak masyarakat atau petani gula kelapa yang membutuhkan modal, maka dibuka pinjaman modal usaha.

Lebih lanjut Arsyad menuturkan, mulai awal rencana pendirian Koperasi Utama Sejahtera Mandiri, pihaknya melakukan pendampingan dengan memberikan penjelasan kepada tokoh-tokoh setempat terkait rencana pendirian koperasi serta maksud dan tujuannya.

Selanjutnya, dalam perkembangannya selaku ketua Dekopinda Banyumas, Arsyad juga berbagi ilmu dengan para pelaku atau pengelola koperasi, tentang bagaimana mengelola koperasi serta berbagai bidang usaha yang dijalankan.

“Sampai sekarang mereka masih sering konsultasi, baik datang langsung atau melalui telepon ataupun melalui grup WA,” tuturnya.

Menurut Arsyad, dampak konkret yang dirasakan masyarakat Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok dengan kehadiran Yayasan Damandiri adalah menumbuhkan harapan baru, sebab banyak unit usaha yang didirikan, mulai dari tanaman vanili, beternak kambing, pengolahan gula kelapa dan lain-lain. Selain itu juga ada pemberdayaan dan banyak tenaga kerja yang terserap.

Sebelumnya, Ketua Koperasi Utama Sejahtera Mandiri, Riyan Hidayat, mengatakan, sampai saat ini jumlah anggota koperasi sudah mencapai ratusan. Dan pihaknya mentargetkan jumlah keanggotaan bisa mencapai 80 persen dari total jumlah kepala keluarga (KK) di Desa Cilongok.

Target penambahan keanggotaan koperasi ini, lanjutnya, dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memperluas penyaluran bantuan sosial dari Yayasan Damandiri.

Diharapkan seluruh masyarakat Desa Cilongok, sebagai Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) bisa mendapatkan bantuan ataupun pembinaan yang mereka butuhkan.

“Dari pihak yayasan menyatakan, ingin membuat seluruh masyarakat desa binaan menjadi lebih sejahtera dan salah satunya dengan cara menjadi anggota koperasi,” tuturnya.

bantuanCerdasDamandiriDesaJatengKambingKoperasiLestariMandiriModalPinjamanVaniliYayasan
Comments (0)
Add Comment