Dukungan Calon Perseorangan Pilkada Kaltara di Tarakan Mulai Diverifikasi

TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan, mulai melakukan verifikasi faktual, terhadap bukti dukungan pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Tercatat ada satu pasangan jalur perseorangan, Abdul Hafid Achmad-Makinun Amin. Anggota KPU Tarakan, Muhammad Taufik Akbar mengatakan, verifikasi sudah berjalan. Tercatat prosesnya sudah mencapai 8.316 atau 67.35 persen, dari total 12.346 bukti dukungan yang disetorkan pasangan calon.

“Kendala teknis di lapangan, petugas susah mencari alamat, tidak ada penghuninya, itu yang memperlambat, tapi tidak parah-parah amat. Karena pada prinsipnya masih bisa kita lakukan, salah satunya koordinasi intens dengan ketua RT, sehingga berjalan lancar,” katanya, di Tarakan, Senin (6/7/2020).

Dari 8.316 bukti dukungan yang telah diverifikasi faktual di 18 dari 20 kelurahan di Tarakan tersebut, terdiri atas pendukung yang memenuhi syarat, tidak memenuhi syarat, dan tidak dapat ditemui. “Dua kelurahan di Tarakan, yakni Lingkas Ujung dan Kampung Enam, kita tidak lakukan verifikasi faktual, karena tidak ada dukungan di dua kelurahan ini atau nol,” kata Taufik.

Saat ini tersisa 4.030 atau 32.65 persen bukti dukungan di Tarakan yang belum terverifikasi faktual. Untuk melakukan verifikasi faktual, petugas diwajibkan mengedepankan protokol kesehatan COVID-19, seperti mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dan menjaga jarak. “Kalau ada petugas di lapangan dalam memverifikasi faktual calon perseorangan ini ditemukan tidak memakai APD, silakan laporkan ke kami untuk kami sampaikan ke PPK,” katanya. (Ant)

KaltaraKPUpasangan calon perseoranganPilkadapilkada Kaltaratarakanverifikasi faktual
Comments (0)
Add Comment