Hotel di Sulsel Rancang Konsep Resepsi Pernikahan di Masa Normal Baru

MAKASSAR – Sejumlah hotel di Provinsi Sulawesi Selatan mulai bangkit untuk menghadapi pandemi COVID-19, dengan merancang resepsi pernikahan di masa normal baru.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga mengatakan, ada sekira 25 hotel yang memiliki aula untuk pelaksanaan hajatan menikah, yang telah merancang resepsi pernikahan di masa pandemi COVID-19. “Hampir semua hotel bintang yang punya hall telah merancang prosedur tetap untuk layani pernikahan di new normal,” ujarnya, di Makassar, Kamis (2/7/2020).

Protokol telah dirumuskan pihak hotel, sesuai standar prosedur yang merujuk pada konsep Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulsel. Salah satunya adalah, pengawasan ketat pihak hotel. “Ini sangat diperlukan untuk jaga kepercayaan tamu ke hotel tersebut, dan itu bagian kepedulian hotel untuk sama-sama menjaga COVID-19 tidak semakin menyebar,” katanya.

Anggiat menyebut, hal lain yang menjadi syarat utama dari hotel adalah, kesiapan protokol dan komitmen menggunakan ruang hanya 50 persen dari kapasitas normal. “Hotel-hotel juga sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk layani wedding dan proses simulasinya sudah dipublikasi dengan baik,” ujar Anggiat.

Terkait hal ini, salah satu hotel di Sulsel, Phinisi Hospitality Indonesia (PHI), mulai meluncurkan paket pernikahan baru di era tatanan hidup baru dengan konsep Drive Thru Wedding. Paket tersebut sebagai salah satu pilihan bagi calon pengantin yang hendak melaksanakan resepsi pernikahan.

Corporate Director of Sales and Marketing PHI, sebagai perwakilan Head Office, Ellen Martha Silaen mengatakan, untuk pertama kalinya di Makassar, resepsi pernikahan ditawarkan dengan konsep yang unik karena menggunakan layanan cepat.

Paket resepsi pernikahan ini mengikuti protokol kesehatan seperti memakai pelindung wajah, pengukuran suhu tubuh, jaga jarak dan mencuci tangan. “Tamu undangan yang hadir akan registrasi dengan cara scan QR barcode dan cukup berada di dalam mobil, kemudian melintasi pelaminan yang telah didesain. Untuk angpao, dapat dimasukkan ke kotak yang juga telah tersedia,” katanya.

Saat ini, beberapa hotel yang berada di bawah grup PHI yaitu Claro Makassar, The Rinra Makassar, Dalton Makassar, Almadera Makasar dan Claro Kendari. Hotel-hotel PHI tersebut telah juga menyiapkan paket pernikahan di dalam ruangan, yang juga akan mengikuti protokol kesehatan. (Ant)

coronaCOVID-19Drive Thru WeddinghotelMakassarNormal BaruResepsi PernikahanSulsel
Comments (0)
Add Comment