Indonesia 10 Besar Negara dengan Kasus Covid-19 Terbanyak di Asia

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Hingga Sabtu (18/7/2020) siang, terdapat penambahan  kasus baru positif Covid-19 sebanyak 1.752 kasus, sehingga jumlah keseluruhan kasus Covid-19 saat ini mencapai 84.882 kasus, dan 4.016 di antaranya dinyatakan meninggal.

“Penambahan kasus positif Covid-19 hari ini didapatkan dari pemeriksaan spesimen sebanyak 25.552. DAda dua metode pemeriksaan, yakni lewat swab dahak Polymerase chain reaction (PCR) dan TB-Tes Cepat Molekuler (TCM). Dengan demikian jumlah spesimen yang sudah selesai diperiksa hingga saat ini mencapai 1.201.014 spesimen,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, saat jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (18/7/2020).

Selain itu, sebut Yuri, untuk pasien sembuh, hari ini ada penambahan yang cukup signifikan, yakni 1.434  orang, dengan demikian jumlah total pasien yang sudah sembuh sebanyak 43.268 orang. Jumlah pasien sembuh, dari hari ke hari terus meningkat di tengah naiknya kasus baru positif Covid-19.

“Sementara untuk pasien positif Covid-19 yang meninggal, juga ada penambahan hari ini sebanyak 59 orang, sehingga jumlah keseluruhan pasien meninggal sampai dengan hari ini sebanyak 4.016 orang,” sebutnya.

Lebih jauh Yuri mengatakan, sebagian besar pasien positif didapat dari hasil tracing massif dari kontak dekat kasus positif. Sebagian besar kasus baru yang didapat hari ini adalah kasus baru yang tidak ada indikasi dirawat di rumah sakit.

“Keluhan para pasien itu ringan atau tidak ada keluhan sama sekali. Mereka cukup dikarantina secara ketat, agar tidak menularkan ke orang lain, dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” ungkapnya.

Yuri terus meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, agar kasus positif Corona dapat ditekan. Dengan menerapkan hidup sehat dan protokol kesehatan, seperti memakai masker ketika ke luar rumah, cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Dengan jumlah 84.882 kasus positif Covid-19 tesebut, menjadikan Indonesia kini masuk 10 besar negara Asia dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak.

India menjadi negara Asia dengan kasus Corona terbanyak, yakni sudah menjangkiti 1 juta penduduk. Sementara di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara dengan kasus Corona terbanyak, diikuti Filipina dan Singapura.

AsiaBNPBCOVID-19DKIJakarta
Comments (0)
Add Comment