Jubir Satgas: Covid-19 Ancaman Nyata di Seluruh Dunia

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA — Penularan virus SARS-CoV-2 masih terjadi di tengah masyarakat. Jumlah konfirmasi positif Covid-19 mencapai angka 102.051 per hari ini, Selasa (28/7/2020).

“Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 ini merupakan ancaman nyata di sekitar kita. Seperti yang kita lihat bersama, kasusnya semakin lama semakin meningkat, tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Sudah banyak korban yang berjatuhan,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito saat jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta, pada Selasa (28/7/2020).

Wiku mengimbau masyakarat untuk tidak lengah. Kondisi saat ini dibuktikan dengan data yang riil dan yang dihadapi hampir seluruh negara di dunia. Jadi, Covid-19 bukan berupa konspirasi, semua pihak melihat apa yang terjadi di angka yang ada di seluruh dunia, dan betul-betul menjaga keamanan dan keselamatan anggota keluarga dan masyarakat semua.

“Setiap individu memberikan pesan yang baik kepada publik, siapa pun sebagai figur publik untuk menjaga dan menyampaikan pesan kepada masyarakat berdasarkan data dan informasi yang benar, dari sumber terpercaya. Silakan bertanya kepada para pakar agar, informasinya bisa disampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa mengikutinya dengan baik,” sebutnya.

Wiku menekankan informasi yang disampaikan kepada masyarakar diharapkan tidak memberikan bencana, tetapi manfaat kepada masyarakat yang mendengar. “Ini menjadi tugas kita bersama untuk bersatu melawan Covid-19 agar bangsa kita bisa selamat,” ungkapnya.

Lebih jauh Wiku mengatakan, jumlah pasien sembuh Covid-19 pada Selasa 28 Juli 2020, terus bertambah. Berdasarkan data harian dari Kementerian Kesehatan mencatat, jumlahnya cukup menggembirakan, yakni sebanyak 2.366 kasus. Sehingga total pasien kesembuhan hingga hari ini bertambah menjadi 60.539 kasus.

“Provinsi Jawa Barat menjadi penyumbang terbesar pasien sembuh dalam data harian, ada 627 kasus sembuh, dengan total kesembuhan ada 3.567 kasus. Lalu kedua terbanyak provinsi Jawa Timur dengan 401 kasus sembuh, total kesembuhan 13.081 kasus. Sementara DKI Jakarta terbanyak ketiga dengan 376 kasus sembuh dengan total kesembuhan mencapai 12.367 kasus,” jelasnya.

Meski demikian, kata Wiku penambahan kasus positif Covid-19 harian masih terus terjadi. Ada penambahan sebanyak 1.748 kasus baru. Total kasus positif kini bertambah menjadi 102.051 kasus.

DKI Jakarta menjadi penyumbang kasus baru terbanyak, jumlahnya 409 kasus dengan total 19.995 kasus, diikuti Jawa Timur dengan 313 kasus dengan total 21.125 kasus, kemudian Jawa Tengah terbanyak ketiga sebesar 185 kasus dengan total 8.807 kasus.

“Untuk laju kasus kematian, dalam beberapa hari belakangan cukup terkendali. Kasus kematian harian tidak jauh berbeda dari hari sebelumnya. Data terbaru menyatakan ada 63 orang meninggal sehingga total meninggal menjadi 4.901 orang,” ungkapnya.

Kasus kematian tertinggi hari ini berada di Jawa Timur dengan jumlah 22 kasus, diikuti DKI Jakarta dengan 15 kasus dan ketiga terbanyak berada di Jawa Tengah sebanyak 8 kasus.

BNPBCOVID-19SARS-CoV-2
Comments (0)
Add Comment