Klaster Penyebaran Covid-19 di Kebumen pada 22 Kecamatan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

KEBUMEN – Penyebaran kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen terbilang merata. Dari 26 kecamatan yang ada di Kebumen, sebanyak 22 kecamatan terdapat kasus Covid-19 dan hanya 4 kecamatan yang sampai dengan hari ini masih nihil Covid-19.

Bupati Kebumen selaku Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19, Yazid Mahfudz, mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Antara lain dengan pendekatan ke masyarakat yang melibatkan tokoh masyarakat setempat, kebijakan anggaran penanganan Covid-19 hingga membentuk tim pendisiplinan protokol pencegahan penularan covid-19.

“Berbagai upaya terus kita lakukan dan yang utama adalah mendisiplinkan masyarakat Kebumen untuk mematuhi protokol kesehatan,” terangnya, Senin (13/7/2020).

Pembentukan tim pendisiplinan pencegahan Covid-19 ini sampai ke tingkat kecamatan dan desa, sehingga pengawasan yang dilakukan lebih maksimal.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, tugas dari tim pendisiplinan pencegahan Covid-19 antara lain, melakukan sosialisasi dan upaya pendisiplinan terhadap masyarakat, evaluasi kondisi terkait dalam hal kepatuhan penggunaan masker, mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan lain-lain.

“Evaluasi kondisi di lapangan yang disampaikan tim pendisiplinan pencegahan Covid-19 ini, akan menjadi dasar kita dalam mengambil kebijakan seputar Covid-19,” tuturnya.

Sebagai upaya pencegahan Covid-19, bupati juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang upaya peningkatan gerakan olahraga di masyarakat. Menurutnya, olahraga yang tepat akan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Sementara itu, Koordinator Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto mengatakan, 22 kecamatan yang terdapat kasus positif Covid-19 yaitu Kecamatan Ayah terdapat 2 kasus positif, Kecamatan Buayan 1 kasus, Puring ada 2, Petanahan ada 2, Buluspesantren ada 2, Mirit 3 kasus, Prembun 3 kasus, Kutowonangun ada 2 kasus, Alian 3 kasus.

Paling banyak kasus positif Covid-19, lanjutnya, yaitu di Kecamatan Kebumen terdapat 12 kasus positif. Kecamatan lainnya yaitu, Kecamatan Pejagoan 2 kasus, Sruweng 2 kasus, Adimulyo 1 kasus, Kuwarasan 1 kasus, Rowokele 2 kasus, Sempor 1 kasus, Gombong 1 kasus, Karanganyar ada 3, Karanggayam terdapat1 kasus, Sadang 1 kasus, Bonorowo 1 kasus dan Kecamatan Karangsambung ada 2 kasus positif.

“Empat kecamatan yang nihil kasus Covid-19 yaitu Kecamatan Poncowarno yang hanya terdapat 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Kecamatan Padureso ada 2 PDP, Kecamatan Ambal 7 PDP dan Kecamatan Klirong ada 4 PDP,” jelasnya.

Cokro mengatakan, untuk kecamatan yang masih nihil kasus positif Covid-19, diminta untuk menjaga terus dan tidak menjadi lengah. Tim pendisiplinan pencegahan Covid-19 juga tetap menjalankan tugas sosialisasi dan pencegahan pada 4 kecamatan tersebut.

CovidJatengkasuspositif
Comments (0)
Add Comment