Mahasiswa Minta Disdik Kota Bekasi Intens Sosialisasikan PPDB

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Puluhan mahasiwa di Kota Bekasi, Jawa Barat, mengatasnamakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mitra Karya (Umika) meminta Dinas Pendidikan memberi penjelasan dan melakukan sosialisasi intens terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Hal tersebut disampaikan saat  menggelar aksi dengan mendatangi kantor Dinas Pendidikan di Jalan Multiguna, Bekasi Timur, Kamis (2/7/2020).

Mereka meminta transparansi Disdik Kota Bekasi, dalam pelaksanaan PPDB Online.  “Kami banyak laporan dari masyarakat terkait PPDB Online. Di mana warga banyak dilempar kesana kemari, tanpa kejelasan,” ujar Adriyanto Abdillah, koordinator lapangan aksi.

“PPDB Online ini, sistem dilakukan setiap tahun. Harusnya sekarang lebih baik, karena hanya mengulang dari tahun sebelumnya. Tapi kenapa seperti ini di Kota Bekasi, yang semua fasilitas terpenuhi,” tegas Adriyanto.

Menurut Adriyanto, jika sosialisasi PPDB Online dilakukan dengan baik harusnya tidak ada mondar mandir ke Dinas Pendidikan atau pun ke sekolah hanya sekadar menanyakan terkait PPDB. Tapi nyatakan di lapangan banyak warga masih mengantre ke Dinas Pendidikan, kecamatan atau pun sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi bersama Sekretaris Dinas pun menerima kedatangan para mahasiswa tersebut. Dalam pertemuan tersebut, mahasiswa hanya membacakan tuntutan tidak membuka ruang dialog. Usai membacakan pernyataan sikap, mahasiswa membubarkan diri.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah, menegaskan bahwa penerima PPDB Online dilaksanakan sesuai anjuran Permendikbud 44 tahun 2020.

“Begitu pun sosialisasi Disdik Kota Bekasi sudah maksimal melaksanakan di lapangan baik dengan langsung tatap muka maupun melalui media online,” tandas Inay.

Dikatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan Disdik Kota Bekasi melalui beberapa jenis, seperti tatap muka, melalui media sosial atau langsung menempati operator di setiap kecamatan atau sekolah.

Sehingga jelasnya, warga yang mengeluhkan soal PPDB Online bisa langsung mengadu, dan akan dibantu seperti masalah data NIK atau data lainnya.

BEMDisdik Kota BekasimahasiswaPPDBUmika
Comments (0)
Add Comment