Masa ‘New Normal’ Sejumlah Homestay di Tamanmartani Melakukan Promosi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Sejumlah pengelola homestay di Kampung Homestay Damandiri, Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Tamanmartani, Kalasan, Sleman, mulai membuka kembali layanan kamar bagi tamu wisatawan di masa new normal saat ini.

Sejumlah homestay bahkan sudah mulai mempromosikan homestay mereka di sejumlah media sosial seperti Facebook Instagram hingga WhatsApp. Meski begitu hingga saat ini mereka mengaku masih belum mendapat tamu wisatawan satu orang pun.

Salah seorang pengelola homestay DCML Tamanmartani, Sri Maryani, dari Homestay Hanoman, Dusun Klurak Kembar, mengaku, memutuskan membuka kembali homestay setelah mendapat persetujuan dari warga sekitar. Hal itu dilakukan mengingat lokasi homestay berada di tengah kampung yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Salah seorang pengelola homestay DCML Tamanmartani, Sri Maryani, dari Homestay Hanoman, Dusun Klurak Kembar, saat dijumpai Cendana News, Jumat (24/7/2020). Foto: Jatmika H Kusmargana

“Ya sejak beberapa waktu terakhir kita sudah mulai buka. Sudah promosi juga. Meskipun ada persyaratan protokol kesehatan secara ketat yang harus dipenuhi setiap tamu asal luar daerah yang hendak menginap di sini,” ujarnya, Jumat (24/7/2020).

Sri menyebutkan, syarat yang harus dipenuhi setiap tamu homestay dari luar daerah antara lain wajib membawa surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit tempat tinggal, serta selalu memakai masker dalam setiap beraktivitas.

“Kita tidak membatasi dari mana saja asal tamu wisatawan yang menginap di sini. Yang terpenting harus membawa surat sehat. Mereka juga wajib memakai masker. Sebagai persiapan kita sudah sediakan di sini, termasuk tempat cuci tangan dengan sabun hingga hand sanitizer,” jelasnya.

Salah satu syarat yang juga harus dipenuhi setiap tamu homestay adalah mereka wajib pulang kembali ke homestay sebelum jam 11 malam sesuai aturan pembatasan yang ada di Dusun Klurak Kembar. Pasalnya pihak kampung melalui satgas Covid-19, telah menutup semua akses keluar masuk kampung pada jam tersebut.

“Kebetulan suami juga merupakan satgas Covid-19 di Dusun Klurak Kembar sehingga tahu betul peraturan yang ada. Komunikasi dengan warga sekitar juga bisa berjalan dengan baik. Tidak ada masalah,” katanya.

Sebagaimana diketahui, sejak 2017 lalu Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari berupaya meningkatkan ekonomi warga Desa Tamanmartani salah satunya dengan menyulap rumah-rumah warga menjadi homestay. Terdapat sedikitnya 12 homestay dengan 24 kamar di kampung Homestay Damandiri Tamanmartani.

Dikelola oleh Koperasi Tamanmartani Sejahtera, keberadaan homestay ini terbukti mampu meningkatkan pendapatan warga desa. Yang ditunjukkan dengan ramainya homestay di waktu tertentu baik itu akhir pekan maupun saat musim liburan tiba.

CerdasCovidDamandiriDesahomestayKoperasiLestariMandiripuskesmastamuwisatawanYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment