Pasca-Gempa, Penyaluran BBM dan LPG di Jepara Tetap Normal

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV , memastikan penyaluran BBM dan LPG di wilayah Jateng-DIY, tidak terpengaruh dengan adanya gempa bumi, yang terjadi titik 52 kilometer barat laut Jepara Jateng.

“Kita ketahui bersama, pagi ini (Selasa-red) telah terjadi gempa bumi 6,1 magnitudo,  yang terjadi di perairan Jepara, Jateng. Kita pastikan, seluruh sarana dan prasarana Pertamina di wilayah Jepara tidak terdampak gempa,” papar Senior Supervisor Communication & Relations Pertamina MOR IV, Arya Yusa Dwicandra di Semarang, Selasa (7/7/2020).Jeparan

Tidak hanya itu, penyaluran BBM yang dipasok dari Terminal BBM Semarang Group ke 25 SPBU di wilayah Jepara, juga tetap berjalan normal.

“Termasuk untuk penyaluran LPG, dari 14 agen dan 1.381 pangkalan yang ada di Jepara, seluruhnya juga masih menyalurkan LPG secara normal,” lanjutnya.

Senior Supervisor Communication & Relations Pertamina MOR IV, Arya Yusa Dwicandra, saat ditemui di Semarang, Selasa (7/7/2020). -Foto Arixc Ardana

Pihaknya pun berharap masyarakat tetap tenang, dan tidak melakukan panic buying, karena dipastikan ketersediaan stok dan distribusi BBM serta LPG di wilayah tersebut tetap aman terkendali.

Terpisah, hal senada juga disampaikan Sales Branch Manager Pertamina MOR IV wilayah Kudus dan Jepara, Muhammad Faruq.

“Kita pastikan penyaluran BBM jenis gasoline berupa pertamax series, pertalite dan premium, serta gasoil  berupa bio solar dan dex series, di seluruh SPBU di wilayah Jepara dan sekitarnya, tidak mengalami kenaikan maupun penurunan,” terangnya.

Dijelaskan, konsumsi masyarakat masih normal yaitu rata-rata harian untuk BBM Gasoline sebanyak 340 kiloliter (KL) per hari dan gasoil sebanyak 111 KL per hari.

“Sementara, untuk konsumsi LPG juga tidak mengalami kenaikan, yaitu di angka 102 metric ton (MT) per hari. Kami meminta masyarakat untuk tidak khawatir, karena stok BBM dan LPG di wilayah Jepara masih aman,” tandasnya.

Diungkapkannya, dari pantuan lapangan yang dilakukan petugas di sejumlah SPBU hingga agen serta pangkalan LPG, permintaan masyarakat juga masih normal. “Tidak ada peningkatan, distribusi juga masih normal. Selain itu, juga tidak ada antrean yang berlebihan, dari masyarakat yang akan membeli BBM atau LPG,”pungkas Faruq.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyebutkan, terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 di wilayah Jepara, Jateng pada Selasa (7/7/2020) pukul 05.54 WIB.

Lokasi gempa berada di titik koordinat 6.12 lintang selatan dan 110.55 bujur timur. Gempa berpusat di laut dengan kedalaman 578 km, sementara jarak gempa berada di 53 km arat barat laut Jepara.

GempaJatengJeparapenyaluran bbmPenyaluran LPGpertamina
Comments (0)
Add Comment