Pedagang Sambut Baik, Warung Cafe Damandiri Tamanmartani Dibuka Kembali

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Sejumlah pedagang makanan kaki lima yang berjualan di komplek Warung Cafe Damandiri, menyambut baik dibukanya kembali unit usaha Koperasi Tamanmartani Sejahtera di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Setelah 3 bulan lebih terpaksa berhenti berjualan akibat pandemi Covid-19, kini mereka bisa kembali menjajakan dagangan untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Sebagaimana kebijakan yang dijalankan Koperasi Tamanmartani Sejahtera selaku pengelola Warung Cafe Damandiri, para pedagang makanan ini juga menerapkan standar protokol kesehatan dalam melayani setiap konsumen.

Selain menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun serta hand sanitizer bagi konsumen, mereka juga nampak disiplin memakai masker serta melakukan jaga jarak dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

Salah seorang pedagang makanan di Warung Cafe Damandiri, Parsiti, mengaku mulai terbiasa dengan pola baru di masa new normal tersebut. Ia mengaku melakukannya dengan penuh kesadaran demi mencegah penularan serta penyebaran Covid-19.

Salah seorang pedagang makanan di Warung Cafe Damandiri, Parsiti, saat dijumpai Cendana News, belum lama ini. Foto: Jatmika H Kusmargana

“Ya mau tidak mau harus seperti ini. Demi kebaikan bersama,” ujarnya, belum lama ini.

Berjualan makanan nasi iwak kali, sepeti belut, udang, wader dan sebagainya Parsiti mengaku, sudah mulai kembali berjualan sejak 3 mingguan terakhir, seiring mulai dibukanya kembali Warung Cafe Damandiri. Meski omzet dagangannya belum pulih seperti sebelumnya, ia mengaku tetap bersyukur karena bisa kembali berjualan.

“Untuk omzet memang belum bisa pulih seperti saat sebelum terjadi Corona. Dulu (sebelum Corona) sehari itu bisa mendapat hasil sampai Rp1 juta lebih. Kalau sekarang ya sekitar Rp400-an ribu per hari. Tapi Alhamdulillah harus disyukuri,” ungkapnya.

Siti mengakui naik atau turunnya omzet dagangannya, memang sangat tergantung dari ramai atau tidaknya Warung Cafe Damandiri. Karena itu ia berharap, ke depan Warung Cafe Damandiri bisa semakin ramai seiring berjalannya masa new normal yang tengah disiapkan pemerintah saat ini.

“Pasca Corona ini, pengunjung Warung Damandiri sebenarnya sudah mulai ramai. Khususnya saat siang hari. Namun untuk malam hari, memang belum seramai sebelumnya. Ya mudah-mudahan ke depan, seiring semakin menurunnya angka Covid-19, pengunjung warung bisa semakin ramai,” pungkasnya.

Saat ini, sedikitnya terdapat 4 warga Desa Tamanmartani yang berjualan aneka makanan di Warung Cafe Damandiri. Bekerjasama dengan pihak Koperasi Tamanmartani Sejahtera selaku pengelola warung, mereka berjualan aneka menu khas Tamanmartani seperti nasi wader, belut, mie jawa, soto, bakso hingga mie ayam dan empek-empek.

CerdascoronaDamandiriDesakafeLestarimakananMandiritamanmartaniwarungYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment