Peserta UTBK di ULM Banjarmasin Wajib Masuk Ruang Karantina

BANJARMASIN – Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, diwajibkan masuk ruang karantina sebelum mengikuti tes.

“Peserta wajib steril dulu, 30 menit sebelum masuk ruang ujian, semua kami cek, mulai suhu tubuh hingga kondisi kesehatannya secara umum guna memastikan bebas COVID-19,” terang Rektor ULM, Prof Dr H Sutarto Hadi, di Banjarmasin, Minggu (5/7/2020).

Bagi peserta, juga diwajibkan menggunakan masker. Untuk menjaga jarak, masuk dan keluar ruang ujian, diatur antrian satu persatu. Sementara jumlah peserta ujian juga dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas komputer. “Jadi kalau ada suhu tubuh peserta dari hasil thermogun di atas 37,5°C, dengan gejala batuk dan filek dilarang ikut dan kami geser jadwalnya setelah mendapat persetujuan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),” jelas Sutarto.

Panitia membagi dua sesi ujian di setiap harinya. Kegiatan ujian berlangsung dijadwalkan mulai 5 Juli 2020 hingga 12 Juli 2020 mendatang. Sterilisasi dilakukan setiap sesi, dengan melakukan pembersihan ruang ujian, komputer, hingga lingkungan sekitar menggunakan cairan disinfektan.

Sebanyak 8.352 orang mengikuti UTBK di ULM, yang mengerjakan soal Tes Potensi Skolastik (TPS). Peserta tidak hanya berasal dari Kalimantan Selatan (Kalsel), namun juga dari sejumlah daerah di Indonesia bahkan luar negeri yaitu Arab Saudi 1 orang. Warga Kalsel yang mengikuti tes sebanyak 7.496 orang,

Menurut Sutarto, minat calon mahasiswa luar provinsi memang setiap tahun semakin meningkat, seiring status ULM yang saat ini menjadi PTN terakreditasi A, dengan sejumlah program studi unggul serta fokus penelitiannya di bidang lingkungan lahan basah.

Tahun ini PTN terbaik di Kalimantan Selatan itu menyediakan kuota mahasiswa baru jalur SBMPTN sebanyak 3.144 kursi. Sebelumnya 1.295 kursi ditambah dari KIP-Kuliah, 301 kursi sudah terisi pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur prestasi akademik. Setelah SBMPTN, ULM masih membuka kesempatan mahasiswa baru di jalur mandiri dengan menyediakan 2.184 kursi. Namun kuota mandiri masih bisa bertambah, jika ada tersisa lebih di jalur SBMPTN yang tak terisi. (Ant)

BanjarmasinKalselUniversitas Lambung mangkuratUTBK
Comments (0)
Add Comment