Sebanyak 148 Desa di Mukomuko Sudah Menerima Penyaluran ADD

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan, total sudah 148 desa di daerah itu, telah menerima penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) tahap kedua sebesar 40 persen.

“Desa Serami Baru yang terlambat menerima penyaluran ADD karena pergantian surat keputusan (SK) penjabat kepala desa telah menerima penyaluran dana tersebut,” kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Wagimin, Rabu (1/7/2020).

Ia mengatakan, semua desa di daerah itu sudah menerima penyaluran ADD tahap kedua untuk tahun ini. Hal itu berdasarkan data berita acara pembayaran ADD kepada semua desa setempat. Semua desa mengajukan, dan menerima penyaluran ADD tahap kedua sebesar 40 persen, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yakni Juni 2020. Selanjutnya, ia meminta semua desa segera melengkapi dokumen, dan berbagai persyaratan untuk mengajukan penyaluran ADD tahap ketiga di tahun ini.

Dari 148 desa yang mengajukan, penyaluran ADD tahap kedua, alokasi anggarnanya untuk membayar gaji perangkat desa, operasional, tunjangan, pemerintahan, dan pembinaan lembaga masyarakat di desa. Terkait dengan penggunaan Dana Desa yang bersumber dari APBN tahun ini, untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat terdampak COVID-19, dan pembangunan sarana serta prasarana desa.

Sebanyak 148 desa di daerah tersebut pada tahun ini menerima ADD bersumber dari APBD sekitar Rp74,2 miliar, atau meningkat Rp21 miliar, dibandingkan dengan alokasi di tahun sebelumnya, yang hanya sekira Rp53 miliar. Dana Desa untuk ratusan desa tersebut berjumlah Rp124.475.972.000, atau meningkat sekira Rp343.400.000 dibandingkan 2019. (Ant)

ADDBengkuluBLT Dana DesaDana Desamukomuko
Comments (0)
Add Comment