Taman Buah Mekarsari Panen Jagung Pulut

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Upaya pemanfaatan lahan, dilakukan Taman Buah Mekarsari dengan melakukan penanaman Jagung Pulut atau Jagung Ketan. Kadar manisnya yang tidak semanis varian jagung manis, membuatnya cocok sebagai alternatif makanan bagi para penderita diabetes. 

Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Heri Sopyan, menjelaskan jagung pulut, yang bernama ilmiah Zea mas var ceratina dapat dipanen pada umur 62-65 hari.

“Jagung pulut ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jagung manis dan warna bijinya putih, tidak seperti jagung manis yang berwarna kuning. Berat utuhnya sekitar 200 gram saat panen pada umur 63 hari,” kata Heri saat ditemui di GH Tirta Taman Buah Mekarsari, Bogor,  Rabu (2/7/2020).

Dari segi tinggi tanaman, jagung pulut hanya mencapai ketinggian 1,5 –  2 meter pada masa panen, lebih pendek dibandingkan jagung manis yang mampu mencapai ketinggian 2-3 meter.

“Semakin lama waktu panen, maka jagung pulut ini rasanya semakin seperti ketan. Dan kalau masih segar seperti ini, jagung ini terasa manis dan renyah saat dimakan mentah,” ujarnya lagi.

Heri menjelaskan, selain dari umur, masa panen jagung pulut juga dapat dilihat dari rambut jagung dan bunga jantan yang sudah mulai mengering.

“Penyerbukan terjadi pada rentang umur 40-45 hari. Dengan adanya angin, serbuk sari dari bunga jantan akan jatuh ke bunga betina yang muncul di sela-sela daun dan batang. Selain angin, serangga juga bisa membantu proses penyerbukan ini,” urainya.

Penanaman jagung pulut dilakukan di enam green house (GH) dengan masing-masing GH berisi sekitar 600 batang tanaman jagung pulut.

“Satu tanaman jagung, bisa mengeluarkan dua biji jagung. Tapi untuk menjaga ukuran jagung, biasanya di Mekarsari akan dilakukan pemotongan. Jadi kita pilih, yang tumbuh duluan. Yang kecilnya, bisa dipanen untuk baby corn,” paparnya.

Dan untuk tanaman yang berkualitas bagus, akan dijadikan sebagai calon bibit. “Pada panen pertama ini, dari satu GH didapatkan sekitar 100 kg jagung belum kupas. Setelah ditimbang, biasanya akan didapat 80 persen yang memenuhi kualitas jual,” pungkasnya.

Jagung Puluttaman buah mekarsari
Comments (0)
Add Comment