Terapkan Protokol Kesehatan, Warung Cafe Damandiri Samiran Ramai Pengunjung

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOYOLALI – Pasca-ditutup selama kurang lebih 3 bulan terakhir akibat pandemi Covid-19, Warung Cafe Damandiri yang terletak di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, mulai dibuka kembali pada awal bulan Juli 2020 ini.

Siapa sangka, di masa new normal ini, unit usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran yang didirikan Yayasan Damandiri sejak tahun 2017 ini langsung diserbu pengunjung. Hal tersebut diakui Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, Selasa (28/7/2020).

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, saat dijumpai, beberapa waktu lalu – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Alhamdulillah sejak dibuka beberapa waktu lalu, Warung sudah mulai ramai. Khususnya saat akhir pekan. Bahkan jauh lebih ramai dibandingkan hari-hari biasa sebelum adanya pandemi Covid-19. Kemungkinan karena minat masyarakat yang tinggi untuk refreshing,” katanya.

Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran selaku pihak pengelola sendiri, mengaku menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi setiap pengunjung yang datang ke Warung Cafe Damandiri. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan maupun penyebaran Covid-19.

“Setiap pengunjung wajib mengikuti protokol kesehatan yang ada. Mulai dari melakukan pengecekan suhu tubuh, melakukan cuci tangan dengan sabun, hingga wajib memakai masker. Jika ada pengunjung yang tidak membawa sudah kita sediakan dengan cara membeli,” katanya.

Selama berada di Warung Cafe Damandiri, setiap pengunjung juga wajib mengikuti protokol social distancing atau jaga jarak. Pihak pengelola telah berupaya menata bangku atau kursi tempat duduk sedemikian rupa sehingga tidak saling berdekat-dekatan antar pengunjung satu sama lain.

“Pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 27,5 derajat Celcius kita larang untuk masuk ke area warung. Mereka kita arahkan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk memeriksakan diri. Semua ini kita lakukan demi kebaikan bersama,” katanya.

Sebelum memutuskan untuk membuka kembali Warung Cafe Damandiri, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran memang telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut masa new normal. Berbagai fasilitas tambahan pun disiapkan mulai dari wastafel atau tempat cuci tangan, penyediaan masker, face shield  hingga hand sanitizer.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak baik itu masyarakat sekitar, satgas penanggulangan Covid-19, pemerintah desa, puskesmas, dan sebagainya. Mereka bahkan juga sudah melakukan pengecekan langsung ke lokasi untuk memastikan kesiapan kita,” ujarnya.

CerdasCovidDamandiriderajatDesaJatengKoperasiLestariMandiriMaskersabunSamiranwarungwastafelYayasan
Comments (0)
Add Comment