UKM DCML Tamanmartani Manfaatkan Layanan Makanan Online

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Sejumlah inovasi dilakukan para pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, binaan Yayasan Damandiri agar bisa bertahan di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

Selain menerapkan protokol kesehatan sebagaimana dianjurkan pemerintah, mereka juga mulai berani melakukan pembaruan dalam hal pelayanan penjualan produk seperti misalnya melalui sistem online.

Seperti dilakukan salah seorang pedagang makanan binaan Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Parsiti. Berjualan berbagai jenis makanan ikan atau iwak kali  di Warung Cafe Damandiri Tamanmartani, ia mengaku mulai memanfaatkan layanan aplikasi Go-Food sejak masa new normal ini.

Pedagang makanan binaan Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Parsiti, berjualan berbagai jenis makanan iwak kali di Warung Cafe Damandiri Tamanmartani, Jumat (24/7/2020) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Pemanfaatan layanan pesan antar makanan berbasis online ini ia terapkan untuk menaikkan omzet dagangannya, pasca menurun drastis akibat pandemi Covid-19 sejak beberapa bulan terakhir.

“Selama 3 bulan terakhir ini kan kita tutup. Tidak bisa berjualan. Baru 3 minggu terakhir ini kita bisa berjualan lagi. Tapi karena masih dalam situasi pandemi, omzet dagangan menurun drastis sampai 50 persen. Sehingga kita mencoba menjual dagangan secara online,” ujarnya, baru-baru ini.

Parsiti mengaku, harus belajar dari nol dalam memanfaatkan aplikasi pesan antar makanan melalui smartphone dengan dibantu anaknya. Meski sempat kesulitan, namun ia mengaku mulai sedikit paham bagaimana mengoperasikan aplikasi tersebut.

“Ya masih harus belajar, bagaimana jika ada orderan masuk dan memprosesnya. Dengan dibantu anak saya. Sekarang sedikit-sedikit sudah mulai bisa,” katanya.

Sekitar 3 minggu memanfaatkan layanan pesan antar makanan berbasis online tersebut, Parsiti mengaku sudah beberapa kali mendapatkan pesanan dari pelanggan. Meski belum banyak ia mengaku bersyukur karena kini dagangannya sudah bisa dipesan secara online.

“Sudah ada beberapa pelanggan yang memesan secara online. Tapi memang belum banyak. Mayoritas masih dari hasil penjualan secara langsung (offline). Ya mudah-mudahan ke depan semakin banyak orderan masuk sehingga omzet juga bisa semakin meningkat,” pungkasnya.

CerdasCoviddaganganDamandiriDesaLestariMandirimikrotamanmartaniUsahaYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment