Bantu Siswa Selama Pandemi, Koperasi Krambilsawit Sediakan Internet Gratis

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit yang merupakan Koperasi binaan Yayasan Damandiri ikut berkontribusi secara nyata dalam mengatasi persoalan pendidikan yang tengah dihadapi para siswa di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul.

Di saat para siswa sekolah di desa terpencil itu kesulitan mengakses internet, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit hadir di tengah-tengah mereka dengan menyediakan layanan internet gratis.

Memanfaatkan jaringan Wi-Fi yang dimiliki, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit secara langsung membantu siswa dalam mengakses dan mengerjakan tugas sekolah yang dilakukan secara online.

“Sejak adanya pandemi Covid-19 ini semua siswa mengikuti kegiatan belajar-mengajar secara online di rumah masing-masing. Padahal tak sedikit siswa di desa Krambilsawit ini berasal dari keluarga kurang mampu. Sehingga tak jarang mereka kesulitan jika harus membeli kuota internet.

Belum lagi, tidak semua rumah terdapat sinyal internet. Maka dari itulah kita berupaya membantu mereka dengan menyediakan layanan internet gratis,” kata Manajer Usaha Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Emi Malina, belum lama ini.

Manajer Usaha Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Emi Malina, saat dijumpai Cendana News, Kamis (6/8/2020) -Foto: Jatmika H Kusmargana

Emi mengatakan dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi yang dimiliki koperasi, para siswa sekolah di Desa Krambilsawit kini bisa memperoleh jaringan internet dengan mudah. Mereka pun bisa mengikuti proses belajar mengajar secara online dengan para guru di sekolah masing-masing tanpa harus terkendala persoalan teknis sebagaimana mereka alami selama ini.

“Para siswa baik itu tingkat SD, SMP maupun SMA bisa datang ke kantor Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit saat jam kerja untuk memanfaatkan jaringan WiFi yang ada. Sejauh ini sudah ada beberapa siswa yang datang jika memiliki jadwal pembelajaran online. Dan mereka kita terima dengan senang hati,” katanya.

Tak hanya menyediakan layanan internet gratis, pihak Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit bahkan mengaku siap untuk membantu para siswa jika mereka mengalami kesulitan dalam melakukan proses belajar mengajar secara online. Termasuk dalam membimbing para siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sekolah.

“Jika ada siswa yang kesulitan pelajaran, kita siap membantu. Apalagi di kantor koperasi kan juga ada pegawai yang selalu siap. Nanti mereka bisa bertanya pada kakak-kakak yang ada di sana,” ungkapnya.

Upaya nyata yang dilakukan Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit dalam membantu para siswa sekolah ini menjadi bukti besar komitmen koperasi dalam pengembangan pendidikan di Desa Cerdas Mandiri Lestari Krambilsawit.

Hal ini juga sejalan dengan tujuan didirikannya Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit oleh Yayasan Damandiri yakni sebagai motor penggerak pemberdayaan masyarakat baik itu di bidang ekonomi, lingkungan, kesehatan maupun dunia pendidikan.

CerdasDamandiriDesainternetKoperasikuotaLestariMandiriSekolahsiswaYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment