Berkat Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Hasna Rutin Belajar Online

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Penyediaan layanan akses internet gratis yang dilakukan Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul, dinilai sangat membantu para siswa sekolah selama masa pandemi Covid-19. Para siswa mengaku bersyukur karena tetap bisa mengikuti proses pembelajaran secara online di tengah keterbatasan yang ada.

Seperti dirasakan salah seorang siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Saptosari, Hasna Almaratun Sholihah, asal Dusun Pringwulung, Saptosari, Gunungkidul. Gadis remaja ini mengaku sudah beberapa kali datang ke kantor Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit untuk memanfaatkan layanan internet gratis yang diberikan koperasi bagi para siswa sekolah.

Menurutnya, adanya layanan internet gratis ini bisa menjadi solusi bagi para siswa sekolah seperti dirinya, terutama yang kesulitan mendapatkan akses internet untuk keperluan proses pembelajaran online yang dilakukan pihak sekolah selama pandemi Covid-19.

“Beberapa kali ke sini. Karena di sini bisa memanfaatkan WiFi secara gratis. Jadi bisa untuk mengikuti pembelajaran secara online menggunakan aplikasi,” katanya, belum lama ini.

Hasna sendiri mengaku kesulitan mengikuti proses pembelajaran secara online dari rumahnya karena dirinya tidak selalu memiliki kuota internet. Padahal proses pembelajaran secara online rutin digelar pihak sekolah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Google Class Room.

“Selama pandemi Covid-19 ini penyampaian materi diberikan guru di sekolah lewat aplikasi. Dalam satu hari biasanya ada 2 mapel. Termasuk juga tugas-tugas sekolah. Sehingga mau tidak mau harus selalu terhubung ke jaringan internet,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan siswa lainnya Cinta Amalia, siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Saptosari, Gunungkidul. Gadis asal Dusun Sawah ini mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan internet gratis yang diberikan oleh koperasi SHS Mandiri Krambilsawit. Terlebih di sana ia bisa dibantu kakak-kakak pegawai koperasi jika menemui kesulitan.

“Selain lokasi koperasi tidak jauh dari rumah, di sini tempatnya juga enak. Jadi kita juga nyaman belajar di sini,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui koperasi SHS Mandiri Krambilsawit yang merupakan Koperasi Binaan Yayasan Damandiri ikut berkontribusi secara nyata dalam mengatasi persoalan pendidikan yang tengah dihadapi para siswa di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Saat para siswa di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Krambilsawit, kesulitan mengakses internet, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit hadir di tengah-tengah mereka dengan menyediakan layanan internet gratis.

Upaya nyata yang dilakukan Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit ini menjadi bukti nyata besarnya komitmen koperasi dalam pengembangan pendidikan di Desa Cerdas Mandiri Lestari Krambilsawit.

Hal ini juga sejalan dengan tujuan didirikannya Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit oleh Yayasan Damandiri yakni sebagai motor penggerak pemberdayaan masyarakat, baik itu di bidang ekonomi, lingkungan, kesehatan maupun dunia pendidikan.

CerdasCovidDamandiriDesaKoperasikuotaLestarilokasiMandiripegawaiSekolahsiswaYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment