Pelayanan Posyandu di Zona Hijau Terapkan Protokol Kesehatan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Pelayanan Posyandu di wilayah Kecamatan, Ketapang, Lampung Selatan (Lamsel) tetap berjalan normal. Desi Novita, bidan desa di Puskesdes Pulau Rimau Balak, Desa Sumur menyebut layanan imunisasi tetap dilakukan karena wilayah tersebut masuk kategori zona hijau. 

Bidan Desi Novita, bidan desa di Puskesdes Pulau Rimau Balak saat melakukan kegiatan Posyandu di pulau Rimau Balak, Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Jumat (7/8/2020). Foto: Henk Widi

Wilayah pulau Rimau Balak menurutnya menjadi wilayah yang jauh dari daratan Sumatera. Warga yang tinggal di pulau tersebut tetap menjaga agar pendatang dari luar pulau tetap menjaga protokol kesehatan dengan membawa masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sempat tertunda selama tiga bulan pelayanan, Posyandu mulai dilakukan dengan standar pola kebiaasan baru. Prioritas bagi orangtua balita yang memiliki jadwal imunisasi diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun selalu diterapkan. Bagi bidan yang bertugas penggunaan faceshield wajib dilakukan.

“Pelayanan posyandu tetap kami lakukan karena wilayah pulau Rimau Balak berada di zona hijau sementara banyak balita yang sempat terhenti jadwal penerimaan imunisasi selama pandemi Covid-19,” terang bidan Desi Novita saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (7/8/2020).

Pelayanan posyandu di pulau Rimau Balak yang dilakukan diantaranya penimbangan, imunisasi, pengukuran tinggi badan, pemberian makanan pendamping ASI dan konseling.

Pelaksanaan posyandu menurutnya penting dilakukan terlebih sejak 1 Agustus dilakukan pekan ASI Sedunia yang menjadi cara meningkatkan kepedulian masyarakat.

Pemberian ASI oleh ibu menyusui sangat penting dilakukan minimal enam bulan pertama kehidupan bayi. Kesadaran memberi ASI sangat diperlukan bagi ibu rumah tangga yang ada di pulau. Terlebih bagi ibu rumah tangga yang tinggal di pulau memiliki banyak waktu di rumah.

“Saat pelaksanaan Posyandu para ibu kami anjurkan memakai sarung sendiri untuk penimbangan berat badan,” terangnya.

Kepala UPT Puskesmas rawat inap Ketapang, Samsu Rizal, menyebut pelayanan Puskesmas, Posyandu di Puskesdes tetap dijalankan. Bagi masyarakat yang akan menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas diwajibkan memenuhi protokol kesehatan. Hal yang sama dilakukan pada kegiatan Posyandu yang dilakukan oleh bidan desa.

“Bidan desa yang berada di wilayah zona hijau tetap boleh melakukan pelayanan dengan standar prokes yang ketat,”cetusnya.

Prosedur Posyandu yang dijalankan oleh bidan desa juga harus diikuti oleh para kader. Kader Posyandu yang bertugas diwajibkan memakai masker, sarung tangan. Memasuki musim kemarau dengan potensi berkurangnya pasokan air bersih di pulau Rimau Balak upaya menjaga kebersihan terus dilakukan. Sebab saat kemarau sejumlah penyakit berpotensi muncul berupa penyakit kulit, diare serta dehidrasi.

Kader Posyandu menurutnya sangat penting melakukan promosi kesehatan (Promkes). Sebab di wilayah kepulauan dan pesisir timur Lamsel musim kemarau kerap terjadi kesulitan air bersih. Selain tetap menjalankan prokes selama Covid-19 antisipasi sejumlah penyakit termasuk malaria terus digencarkan. Penerapan PHBS digencarkan melibatkan pemerintah desa melalui kegiatan Jumat Bersih.

kecamatanketapanglampung selatanLamselPulau Rimau Balak
Comments (0)
Add Comment