Seluruh Orang di Rumah Dinas Gubernur dan Wagub Sumbar Dites Swab

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PADANG — Kabar mengejutkan datang dari kepala daerah di tingkat Provinsi Sumatera Barat. Seluruh orang yang ada di rumah dinas, baik itu rumah dinas Gubernur maupun Wakil Gubernur, dilakukan tes swab.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat dan juga sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat, Jasman Rizal, yang ditemui belum lama ini. Foto: M. Noli Hendra

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal, mengatakan, kemarin telah dilakukan tes swab kepada gubernur beserta seluruh orang yang ada di rumah dinasnya. Begitu juga kepada wakil gubernur juga melakukan hal yang sama, terhadap seluruh orang yang ada di rumah dinas itu.

Ia menyebutkan hal ini dilakukan, setelah adanya salah seorang PNS yang bertugas sebagai ajudan dari Wagub Sumatera Barat dinyatakan positif terpapar Covid-19. Untuk itu, untuk membersihkan aman serta memutus rantai penyebaran Covid-19, dilakukan tes swab.

“Tes swabnya gratis. Alhamdulillah dari hasil yang diberikan oleh pihak laboratorium Unand, seluruh orang itu dinyatakan negatif Covid-19,” jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat ini, Kamis (6/8/2020).

Menurutnya orang-orang yang dilakukan swab itu, kepada seluruh ajudan, sespri, sopir dan seluruh keluarga. Kini dengan telah adanya hasil laboratorium, aktivitas di pemerintahan pun berjalan seperti sedia kala.

Tidak hanya kepada PNS yang ada di lingkungan kepala daerah itu saja, sejumlah wartawan yang pernah melakukan kontak terhadap PNS yang positif itu, juga turut melakukan tes swab kemarin. Alhasilnya, seluruh wartawan swab kemarin itu, juga dinyatakan negatif Covid-19.

Untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 itu, pihak dari BPBD Sumatera Barat juga melakukan penyemprotan kepada seluruh kendaraan dinas, seperti kendaraan kepala daerah, kepala dinas, dan mini bus untuk mengangkut wartawan liputan.

Jasman menyampaikan jumlah warga Sumatera Barat yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Kamis (6/8) pagi sudah menembus angka 1.038 orang kasus. Mengingat potensi penyebaran yang saat ini masih cukup tinggi, kepada masyarakat diharapkan untuk tetap mentaati dan menjalankan protokol kesehatan.

“Saat ini tim Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Barat sedang melakukan tracing masif. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang terpapar,” harap dia.

Kalaksa BPBD Sumatera Barat, Erman Rahman, mengatakan, meski telah mendapatkan hasil negatif, tapi dari BPBD juga berupaya untuk melakukan langkah antisipasi dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan kepada seluruh kendaraan dinas yang pernah digunakan.

“Kemarin Rabu (5/8/2020) kita juga sudah melakukan penyemprotan desinfektan di area Kantor Gubernur,” sebutnya.

Erman Rahman juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona pada era normal baru. Salah satunya melakukan penyemprotan desinfektan terhadap kendaraan dinas.

COVID-19gubernurpadangsumatera baratvirus corona
Comments (0)
Add Comment