KSU Derami Padang: Pandemi Covid-19 tak Berdampak Signifikan

Editor: Koko Triarko

PADANG – Di saat sejumlah koperasi di Provinsi Sumatra Barat mengalami masa-masa suram akibat pandemi Covid-19, Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang mengaku tak terlalu terdampak signifikan.

Ketua KSU Derami Padang, Gusti Ayu Ratniati, mengatakan, koperasi yang dipimpinnya itu bisa dikatakan tidak merasakan dampak yang signifikan.

“Awal-awal memang sempat terhenti untuk pencairan pinjaman, karena wabah Covid-19 tengah melanda parah. Tapi tidak berlangsung lama, hanya sekitar 2 minggu saja, setelah itu kondisi normal kembali,” katanya, Sabtu (19/9/2020).

Dengan kondisi tersebut, maka keuangan koperasi pun terlihat membaik, sehingga KSU Derami pun berkesempatan mendirikan Kelompok Modal Kita yang saat ini sudah memiliki dua kelompok peminjam, dan akan segera membentuk dua kelompok lagi.

Menurutnya, dengan adanya penambahan jumlah kelompok itu, menunjukkan KSU Derami berada dalam kondisi baik-baik saja. Sementara bila melihat ke kondisi koperasi yang lain, dapat dikatakan mulai resah karena terjadi tunggakan kredit.

Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Gusti Ayu Ratniati, yang ditemui belum lama ini di kantornya/Foto: M Noli Hendra

“Kita memang harus bersyukur untuk kondisi KSU Derami ini. Kenapa kita bisa begini, karena dana yang disalurkan Yayasan Damandiri ke KSU Derami itu mampu membuat perputaran uang berjalan baik,” ujarnya.

Ayu menyebutkan, baiknya kondisi koperasi juga tidak lepas dari kondisi perekonomian UMKM yang menjadi anggota dari KSU Derami. Pandemi ini seakan membuat pelaku UMKM lebih giat lagi untuk menumbuh kembangkan usaha mereka.

“Sejauh ini dari kondisi di lapangan, yang kita lihat UMKM yang telah mendapatkan pinjaman modal usaha dari Modal Kita masih berjalan baik-baik saja,” sebut dia.

Sementara itu, Manajer Umum Modal Kita KSU Derami Padang, Margono Okta, mengatakan terkait penambahan kelompok itu memang harus dilakukan, agar sisi perekonomian di KSU Derami makin membaik dari tahun ke tahun.

Dua kelompok baru itu akan didirikan pada September 2020 ini. Daerah yang menjadi lokasi didirikannya kelompok baru, yakni Kecamatan Bungus, Teluk Kabung.

Di daerah itu merupakan kawasan yang berada di sepanjang garis pantai Samudra dan perekonomian masyarakat selain nelayan juga bergerak di bidang usaha pelaku usaha mikro, karena terdapat sejumlah tempat objek wisata.

“Di sana juga ada objek wisata. Jadi, banyak usaha rakyat yang tumbuh di sana. Nah, kita menyasar usaha seperti itu, dan berpotensi untuk dikembangkan,” ujar Meno.

Menurutnya, kawasan Bungus Teluk Kabung itu jika melihat ke arah Timur, akan banyak hamparan sawah. Potensi-potensi seperti itu jika dinilai sangat potensial untuk dikembangkan bersama pinjaman modal usaha dari Modal Kita di KSU Derami Padang.

Ia mengakui, selama ini di daerah Bungus Teluk Kabung belum pernah dijangkau oleh KSU Derami Padang, karena jarak kantor dengan kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan itu sangatlah jauh.

“Kita harus melebarkan sayap dan melihat peluang yang ada. Kalau di kawasan perkotaan, sekarang itu bisa dikatakan cukup sulit berkembangnya perekonomian UMKM. Karena kawasan perkotaan sangat merasakan betul dampak dari Covid-19 ini,” katanya.

KoperasiKSUModalpadangpandemiPinjamanSumbarUMKM
Comments (0)
Add Comment