Pandemi Corona Pemkot Magelang Fasilitasi Pentas Virtual

MAGELANG  – Pemerintah Kota Magelang di Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi para seniman menggelar pentas seni secara virtual selama September hingga November 2020.

“Kegiatan pentas seni online (daring) memberi kesempatan para pelaku seni di Kota Magelang agar tetap berkarya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Agus Sujito, dalam keterangan tertulis pemerintah kota yang diterima di Magelang, Kamis.

Acara seni budaya virtual tersebut dilaksanakan satu minggu sekali selama September hingga November 2020 dengan menghadirkan tiga sanggar seni dalam setiap pementasan.

Dalam hal ini, para seniman akan menggelar pementasan di Pendopo Pengabdian, kompleks Rumah Dinas Wali Kota Magelang, dan pementasan tersebut akan disiarkan di kanal YouTube resmi pemerintah kota.

“Pentas akan dilaksanakan sembilan kali dari September-November 2020 atau seminggu satu kali,” kata Agus.

Acara pentas seni virtual perdana dilaksanakan pada Rabu (23/9) malam dengan menghadirkan peragaan busana batik lokal, teater rakyat, dan tarian mengenai sejarah Kota Magelang.

Selain itu, ada penampilan kelompok ketoprak, guyon angkringan, pencak silat, musik keroncong, dan pantomim.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, menyebut, acara pementasan kesenian secara virtual sebagai momen kebangkitan kesenian di tengah pandemi.

“Ini sebagai momen malam kebangkitan kesenian budaya yang sempat terhenti sesaat akibat pendemi. Untuk itu manfaatkan betul, tidak hanya malam ini saja tapi saya izinkan untuk diteruskan,” kata dia. (Ant)

JatengpandemiSenivirtual
Comments (0)
Add Comment